Pemkab Jember Bersama BKSDA Lepas Puluhan Satwa Liar ke Nusa Barong

Pemkab Jember Bersama BKSDA Lepas Puluhan Satwa Liar ke Nusa Barong Bupati Jember, Hendy Siswanto, dan wakilnya, Balya Firjaun Barlaman, bersama Kepala Bidang Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah III Jember Wiwied Widodo, saat akan melepas puluhan satwa liar ke Pulau Nuso Barong.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Bupati Jember, Hendy Siswanto, dan Wakilnya, Balya Firjaun Barlaman, bersama Kepala Bidang Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah III Jember Wiwied Widodo, melepas 40 kera ekor panjang dan 4 ular piton ke Pulau Nusa Barong pada, Kamis (7/10).

"Pada hari ini kita ada kegiatan melepas beberapa ekor monyet berbuntut panjang. Yang dilepas ini merupakan hasil dari rampasan penyerahan dari masyarakat beberapa bulan lalu. (Sebelumnya) kita lakukan observasi selama kurun waktu 2 tahun, dan selanjutnya kita lepas liarkan di habitatnya yaitu hutan dan pegunungan," kata Wiwied.

"Jenis kera ekor panjang atau bahasa ilmiahnya Macaca Fascicularis ini adalah jenis spesies yang berkoloni. Semoga dengan segera dilepas liarkan di Pulau Nusa Barong jenis kera tersebut bisa segera menyesuaikan habitatnya yang sudah ada di pulau itu, serta dapat berkembang biak dengan cepat,” paparnya menambahkan.

Dalam kesempatan itu, Bupati Jember juga menyerahkan secara simbolis 4 kotak berisi hewan kepada nelayan di perairan Nyamplung untuk dilepas-liarkan. Menggunakan 11 perahu, puluhan satwa liar itu dilepas menggunakan jukung milik nelayan setempat. 

Simak berita selengkapnya ...