Atasi Permasalahan Sampah, Bupati Kediri Resmikan Pengoperasian TPAS Sekoto

Atasi Permasalahan Sampah, Bupati Kediri Resmikan Pengoperasian TPAS Sekoto Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana (kanan), saat memberi arahan kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Kediri, Putut Agung Subekti, beserta jajarannya di TPAS Sekoto. Foto: Ist

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemerintah meresmikan pengoperasian tempat pembuangan akhir (TPAS) baru di Desa Sekoto, Kecamatan Badas. , Hanindhito Himawan Pramana, berharap dengan beroperasinya TPAS Sekoto permasalahan di dapat diatasi.

"Alhamdulillah hari ini kita sudah meresmikan TPAS baru yang tidak terpaut jauh jaraknya berdekatan dengan (TPA) yang lama. Tadi saya sampaikan ke pak kepala dinas, tidak hanya hilirnya yang harus kita perhatikan, tapi hulunya juga," ujarnya, Senin (18/10).

"Sudah ada tempat baru, sedikit banyak akan membantu TPAS yang lama," tuturnya menambahkan.

Ia menyebutkan pengelolaan tak hanya sekadar menaruh pada pembuangan akhir. Namun, ada beberapa hal teknis yang juga diperhatikan betul dengan konsep baru yang tersedia.

Seiring perkembangan zaman, kata Dhito, menjadi sesuatu hal yang sangat esensial. Dengan jumlah penduduk di sekitar 1,6 juta jiwa,  yang ditimbulkan diperkirakan kurang lebih 512 ton/hari. 

Saat ini, yang terkelola dir sekitar 23 persen, yang terdiri dari 17 persen penanganan dan 6 persen pengurangan . Dengan jangka waktu penampungan yang berumur lima tahun, maka perlu adanya tindakan lain juga, salah satunya kesadaran di tingkat desa untuk mengelola , minimal setiap desa memiliki bank .

Kondisi TPAS sebelumnya sudah mengalami overload, sehingga berdampak pada kinerja pengelolaan yang stagnan. Sehingga, penambahan volume juga tidak mungkin dilakukan di TPAS yang lama.

TPAS yang baru beroperasi ini memiliki luas yang mencapai empat hektare. Dengan daya tampung 525 ribu M³, yang diperkirakan mampu menampung selama kurang lebih 5 tahun. (uji/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Peringatan Hari Jadi Kabupaten Kediri ke-1220 di Pendopo Panjalu Jayati':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO