Sudah Siapkan Sembilan Program, Menteri KKP Setujui Pengembangan Pulau Lusi

Sudah Siapkan Sembilan Program, Menteri KKP Setujui Pengembangan Pulau Lusi Menteri KKP Sakti Wahyu Trenggono saat mengunjungi Pulau Lusi di Kecamatan Jabon, Selasa (19/10/2021). foto: Kominfo Sidoarjo

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) RI, Sakti Wahyu Trenggono mengunjungi Pulau Lumpur Sidoarjo (Lusi) di Kecamatan Jabon, Selasa (19/10/2021).

Kunjungan Menteri KKP ke pulau seluas 67,8 hektare hasil dari endapan lumpur Sidoarjo itu, didampingi Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak dan Ahmad Muhdlor (Gus Muhdlor).

Kunjungan Wahyu Trenggono ini membawa kabar gembira bagi pengembangan Wisata Pulau Lusi atau yang biasa disebut Wisata Bahari Tlocor.

Selama ini Wisata Pulau Lusi dikelola secara mandiri oleh masyarakat sekitar. tidak bisa berbuat banyak karena Pulau Lusi masuk dalam kewenangan Kementerian KKP.

Nah, sesuai dengan masterplan dari Kementerian KKP Tahun 2021, ada sembilan program pengembangan yang sudah disiapkan dan pengerjaannya dimulai tahun 2022.

Sembilan program tersebut berupa Pembangunan Serambi, Taman Utama, Taman Lumpur, Infrastruktur (listrik, air bersih, sampah dan menara BTS), Perairan Buatan, Taman Wanamina, Taman Botani, Taman Konvensi, dan Eco-Sport Resort. 

“Di sini juga ditanami pohon cemara laut yang banyak sama tanaman mangrove, selain jadi rindang juga bisa menjadi tempat ekosistem baru. Termasuk kolam-kolam ini bisa dimanfaatkan dengan ditebar ikan dan kepiting," cetusnya.

Pemerintah Provinsi Jawa Timur menyambut baik rencana Kementerian KKP yang menjadikan Pulau Lusi destinasi wisata di Sidoarjo.

Simak berita selengkapnya ...