Arca Nandiswara dan Mahakala Ditemukan di Situs Pandegong Jombang

Arca Nandiswara dan Mahakala Ditemukan di Situs Pandegong Jombang Proses Ekskavasi Arca Nandiswara dan Mahakala di Situs Pandegong Jombang. foto: AAN AMRULLOH/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Benda purbakala berupa dan Mahakala berhasil ditemukan di Situs Pandegong yang berada di Dusun Kwasen, Desa Menganto, Kabupaten Jombang. Penemuan kedua arca itu merupakan hasil dari proses ekskavasi oleh Tim Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Jombang, sejak Jumat (12/11).

"Pada hari kedua yakni Sabtu (13/11), tim menemukan fragmen arca. Dari hasil diskusi merujuk Arca Nadiswara. Dia salah satu tokoh penjaga pintu (Candi Hindu)," kata Arkeolog , Albertus Agung Vidi Susanto, Selasa (16/11).

Ia menuturkan, lokasi penemuan arca yang pertama (Nandiswara) berada di depan struktur yang menghadap barat. Fragmen arca, kata Vidi, dari bahan batu andesit yang menerangkan pria bermahkota dengan senjata tombak bermata tiga di sebelah kanannya.

Menurut dia, arca itu unik dari bentuknya karena pecahan Nandiswara kemungkinan besar bukan arca yang berdiri menggunakan lapik atau penyangga. Arca ini, ldiduga dipasang menempel di badan candi, sebab terlihat dari permukaan belakang arca yang kasar dan adanya relung pada sisi barat candi yang terlihat kosong.

" ini juga biasanya dipasang berpasangan dengan . Konsepnya biasanya di kanan kiri. Apakah masih ada arca satunya, kita masih cari ini," tuturnya.

Pada ekskavasi hari keempat, tim kembali menemukan satu arca lagi yakni Mahakala yang terletak di sisi utara struktur bangunan, Senin (15/11). Kasi Cagar Budaya dan Permuseuman Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupatan Jombang, Iswahyudi Hidayat, memastikan hal tersebut.

Simak berita selengkapnya ...