DPUPR Kota Mojokerto Tuntaskan Ipal Komunal Rp3,3 Miliar

DPUPR Kota Mojokerto Tuntaskan Ipal Komunal Rp3,3 Miliar Kepala DPUPR Kota Mojokerto, Mashudi, ketika mendampingi Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari meresmikan Ipal Komunal di kawasan Ngaglik Gotong Royong. Foto: YUDI EKO PURNOMO/ BANGSAONLINE

KOTA MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Mojokerto menuntaskan pembangunan Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) komunal pada permukiman padat penduduk dan rawan sanitasi di sejumlah titik.

Anggaran sebesar Rp3,3 miliar dari Dana Alokasi Khusus (DAK) senilai Rp1,4 miliar dan selebihnya dari APBD sebesar Rp1,9 miliar digelontorkan untuk program fasilitas umum penunjang pemukiman padat penduduk itu.

"Pembangunan Ipal komunal yang bersumber dari DAK dilaksanakan di tujuh titik di tiga kelurahan, yakni di Kelurahan Kedungsari serta Prajurit Kulon Gang 8, dan Balongcangkring 2. Sedangkan yang dari APBD pembangunan dilaksanakan di Suratan, Ngaglik Gotong Royong, Trenggilis, dan Rusunawa Cinde, Kelurahan Blooto," kata Kepala DPUPR Kota Mojokerto, Mashudi, Senin (20/12).

"Kami (DPUPR Kota Mojokerto) hanya fasilitator. Pelaksanaan sepenuhnya dilaksanakan KSM, swakelola masyarakat. Termasuk pelaksanaan dan pascakonstruksi. Proyek ini menjadi tanggung jawab masyarakat, demikian penyedotan lumpur tinja dan perbaikan komponen yang rusak sesuai sistem yang terbangun," paparnya menambahkan.

Ia berharap, program pengembangan sanitasi lingkungan komunitas ini dapat mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat. Proyek ini diresmikan Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari. 

Dalam peresmian di lingkungan Ngaglik Gotong Royong, ia berharap masyarakat tidak lagi buang air di sungai dengan selesainya proyek tersebut. Sehingga, tidak ada tinja pada sungai di Kota Mojokerto.

"Karena ini adalah tolak ukur Kota Mojokerto sebagai kota sehat. Tidak hanya bebas dari penyakit tapi sehat lingkungannya," kata Ika. (yep/mar) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pastikan Harga Stabil Jelang Idul Adha, Wali Kota Mojokerto Sidak Pasar Hewan dan Bahan Pangan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO