Imbas Penangkapan Terduga Teroris, Pemerintah Desa Junrejo Minta Warga Selektif soal Tamu

Imbas Penangkapan Terduga Teroris, Pemerintah Desa Junrejo Minta Warga Selektif soal Tamu Lokasi penangkapan terduga teroris di Kota Batu saat disterilkan oleh Tim Densus 88. Foto: ADI WIYONO/ BANGSAONLINE

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com antiteror menangkap 3 orang yang diduga sebagai pelaku terorisme pada sebuah villa di Dusun Jeding, Desa Junrejo, Kecamatan Junrejo, Kota Batu, Rabu (31/7/2024) malam. Penangkapan tersebut menghebohkan warga sekitar. 

Menanggapi peristiwa itu, Pemdes Junrejo meminta agar warga menjadi lebih selektif dalam menerima tamu di lingkungannya. Kepala Dusun Jeding, Desa Junrejo, Pendik, memberikan imbauan kepada masyarakat agar lebih berhati-hati ketika akan menyewakan villa, rumah, atau homestay kepada orang lain.

Sebelum mengizinkan orang asing untuk menyewa tempat tinggal, ia meminta untuk menanyakan terlebih dahulu identitas lengkap mereka, seperti Kartu Keluarga (KK), Kartu Tanda Penduduk (KTP), atau dokumen resmi lainnya yang sah.

"Para warga yang berasal dari luar kota yang ingin menyewa villa, kos, atau homestay di wilayah ini harus memperlihatkan identitas secara jelas, termasuk KK dan KTP atau dokumen resmi lainnya," ujarnya saat ditemui, Kamis (1/8/2024).

Bagi yang hanya tinggal sementara, mereka diharapkan juga menyertakan surat izin atau surat bepergian. Sedangkan bagi orang yang berangkat atas tugas resmi instansi, wajib menunjukkan surat tugas yang dikeluarkan oleh instansi terkait.

Pendik kembali menegaskan, pemerintah desa memberikan kebijakan kelonggaran kepada warga yang ingin menyewakan tempat tinggalnya, dengan memberikan waktu seminggu untuk melengkapi persyaratan dimaksud. Langkah ini diambil guna mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, terutama terkait keamanan dan keselamatan lingkungan sekitar.

Dijelaskan olehnya, kepedulian pemerintah desa setempat dan kesadaran masyarakat dalam menjaga keamanan serta ketertiban menjadi hal yang sangat penting, terutama mengingat ancaman terorisme yang semakin membahayakan.

"Dengan adanya himbauan ini, diharapkan setiap warga dapat berperan serta aktif dalam menjaga keamanan wilayahnya dan memberikan respons positif terhadap upaya pencegahan terorisme," paparnya

Pendik juga menekankan pentingnya kebersamaan dan solidaritas antarwarga dalam mengatasi berbagai ancaman di sekitar mereka, "Semangat gotong royong dan kepedulian terhadap keamanan bersama harus senantiasa dijaga dan dibangun, agar wilayah kota Batu tetap aman dan tenteram." (adi/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO