Rabu, 16 Juni 2021 15:55

Gus Dur Dibuntuti Polisi, Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan (17)

Kamis, 29 April 2021 05:49 WIB
Editor: mma

SURABAYA. BANGSAONLINE.com - Narator Anekdot Gus Dur Edisi Ramadan, M Mas’ud Adnan, pada edisi ke-17 mereview cerita Gus Dur dengan polisi. Menurut Mas’ud Adnan, saat itu Gus Dur ada acara di Jember Jawa Timur.

“Gus Dur dibuntuti dua polisi,” tutur penulis buku Gus Dur hanya Kalah dengan Orang Madura itu. Memang pada saat pemerintahan Orde Baru Gus Dur dicekal karena sikap kritisnya terhdap pemerinahan Presiden Soeharto.

Nah, waktu acara di Jember itu Gus Dur sebenarnya sudah pulang dari acara yang menjadi sorotan pihak keamanan. Ternyata masih ada dua orang polisi naik motor gede (moge) mengejar mobil yang ditumpangi Gus Dur. “Orang-orang yang bersama Gus Dur dalam mobil itu sudah ketar-ketir (waswas),” kata Mas’ud Adnan yang alumnus Pesantren Tebuireng dan Pascasarjana Unair.

Dua polisi itu langsung menyalip mobil yang ditumpangi Gus Dur. “Begitu jaraknya agak jauh, dua polisi itu berhenti dan menyetop mobil yang dinaiki Gus Dur,” kata Mas’ud Adnan.

Dua polisi itu langsung mendekati Gus Dur dari balik jendela mobil. Maka – mau tak mau – Gus Dur membuka jendela mobil yang ditumpanginya.

“Ada apa lagi. Saya kan sudah pulang, sudah tidak di acara itu lagi, kok masih dikejar. Sudah pergi sana,” kata Gus Dur dengan nada keras.

Dengan wajah agak tersipu dua polisi itu serempak bilang, “Mohon izin, mohon maaf Gus. Tadi saya belum sempat salaman dengan Gus Dur. Mohon dengan hormat Gus Dur berkenan kami salami,” kata dua polisi itu. Gus Dur pun menjulurkan tangannya dan dua polisi itu langsung mencium tangan Gus Dur.

Sambil tersenyum Gus Dur bilang, “Yo ngene iki wong NU (Ya beginilah orang NU itu).” Dua polisi itu pun langsung pamit. Lega. (mma) 

VIDEO TERKAIT

Demam Euro 2021, Warga Desa di Pasuruan Ini Kibarkan Ratusan Bendera Ukuran Raksasa
Senin, 14 Juni 2021 23:58 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Euforia sepak bola Piala Eropa atau Euro tahun 2021 menggema di seluruh penjuru dunia, tak terkecuali di tanah air. Warga pesisir di Kabupaten Pasuruan misalnya, mereka ikut memeriahkan perhelatan Euro 2021 dengan mema...
Jumat, 04 Juni 2021 10:27 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kehi, destinasi wisata yang satu ini berada di Kota Pamekasan. Bukit Kehi menawarkan pemandangan daerah pegunungan yang hijau mempesona. Pengunjung bahkan bisa berenang di sejuknya hawa pegunungan di pulau gar...
Rabu, 16 Juni 2021 08:42 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Laksamana Sukardi, mantan politikus PDIP, menulis buku. Baru terbit. Ia menceritakan perisitiwa pemecatan dirinya sebagai Menteri BUMN. Yang hanya menjabat 6 bulan. Ia dipecat Presiden Gus Dur. Karena ada lapora...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 12 Juni 2021 09:55 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...