Hadiri Halaqoh di MAG, Bupati Gresik Ajak Ulama dan Umara Bersinergi

Hadiri Halaqoh di MAG, Bupati Gresik Ajak Ulama dan Umara Bersinergi Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani, bersama para ulama saat menghadiri halaqoh di Masjid Agung Gresik. Foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Bupati Gresik, , menghadiri acara halaqoh ulama dan umara yang digelar Majelis Ulama Indonesia (MUI) Gresik di (MAG), Sabtu (8/1).

Dalam sambutannya, ia mengapresiasi peran ulama di kala krisis pandemi Covid-19. Pasalnya, arahan mereka dalam bentuk fatwa yang dianut oleh umat sangat membantu, utamanya dalam hal penertiban protokol kesehatan.

Selain itu, keberhasilan vaksinasi juga tidak lepas dari peran ulama. "Peran dari guru-guru kita selalu memberikan yang terbaik. Tanpa peran dari para ulama vaksinasi kurang maksimal," ungkapnya.

"Kondisi sosial di tengah krisis pandemi, masyarakat mengalami keadaan cukup berat, dalam segi sosial maupun lain. Batiniyah juga terdampak," ujarnya. Karena itu, sinergitas antara pemerintah dan ulama sangat diperlukan.

"Ini yang menjadi visi bersama, bisa menimbulkan kestabilan di tengah pandemi Covid-19. Sinergi ini kami akui benar-benar terjalin," tuturnya.

Ia juga mengingatkan agar masyarakat tetap disiplin protokol kesehatan, karena pandemi belum berakhir.

"Kuncinya adalah kedisplinan. Namun, semakin hari malah semakin luntur. Khususnya masyarakat Gresik," kata Bupati Yani.

Sementara itu, Ketua Umum MUI Pusat, KH Miftahul Akhyar, dalam tausiah ilmiahnya menyatakan agama dan pemerintahan harus terjalin beriringan. Menurut dia, agama merupakan dasar dan pemerintahan adalah penjaganya, harus beriringan sesuai peran masing-masing.

"Seperti sebuah bangunan tanpa penjaga, maka akan hancur. Begitu juga kekuasaan tanpa ada agamanya, maka akan roboh. Kebersamaan ini akan otomatis terjalin," ucapnya.

Acara bertajuk 'Komitmen Ulama dan Mewujudkan Gresik Baru yang Bermartabat' itu juga dihadiri langsung oleh , Aminatun Habibah, sejumlah perwakilan MUI Jatim, dan pejabat Forkopimda Gresik. (hud/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO