Bangun TPST, Desa Kureksari Waru Siap Jadi Percontohan Pengolahan Sampah di Sidoarjo

Bangun TPST, Desa Kureksari Waru Siap Jadi Percontohan Pengolahan Sampah di Sidoarjo Anggota DPRD Sidoarjo, Warih Andono (berbaju batik), saat melihat uji coba mesin pencacah di TPST Mekarsari, Desa Kureksari, Waru. Foto: Ist

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Permasalahan sampah di Kota Delta secara bertahap bakal diselesaikan di tingkat desa melalui pendirian Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST), seperti di Desa Kureksari, Kecamatan Waru, Sidoarjo, yang kini sudah memiliki TPST lengkap dengan mesin pencacah dan pembakaran sampah.

Kepala Desa Kureksari, Wishom Sahudi, menjelaskan bahwa pembangunan TPST ini hasil dari Bantuan Keuangan (BK) tahun 2021 dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sidoarjo. TPST ini bagian dari salah satu unit usaha Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

"Lokasi TPST ini dekat dengan tempat pendidikan, tapi kami telah komitmen untuk mengubah wajah tempat sampah yang bau dan kotor itu menjadi sesuatu yang menarik dan bagus," ujarnya saat peresmian TPST yang diberi nama Mekarsari, Rabu (26/1).

Selain itu, dalam pengelolaannya TPST yang diberi nama Mekarsari ini dikelola oleh warga setempat sendiri dan sudah ada peraturan desanya. Menurut dia, TPST Mekarsari siap menjadi percontohan pengelolaan sampah di Sidoarjo. 

"Kami ingin benar-benar mendukung dan mensukseskan Sidoarjo bebas sampah," kata Wishom.

Simak berita selengkapnya ...