Napak Tilas Leluhur, Bupati dan Wabup Lamongan Kunjungi Makam Sunan Drajat dan Joko Tingkir

Napak Tilas Leluhur, Bupati dan Wabup Lamongan Kunjungi Makam Sunan Drajat dan Joko Tingkir Bupati Yuhronur dan Wabup KH Abdul Rouf saat ziarah ke makam leluhur.

LAMONGAN, BANGSAONLINE.com - Bupati dan Wakil , dan (YesBro) melakukan napak tilas dengan mengunjungi Makam Sunan Drajat dan Mbah Anggungboyo, atau dikenal sebagai Makam Joko Tingkir, Kamis (24/2).

Kunjungan itu dalam rangka introspeksi serta refleksi diri terhadap keteladanan penyebar agama Islam di Kabupaten Lamongan.

Menurut Bupati Yuhronur, napak tilas itu diharapkan mampu memberikan energi serta spirit baru dalam pengabdian untuk menyejahterakan masyarakat, serta merekonstruksi dan membawa kejayaan Kabupaten Lamongan.

"Ini sebagai upaya meneladani ajaran adi luhung tokoh yang tengah mengantarkan kejayaan Lamongan di masa lalu. Semoga napak tilas ini bisa memberi energi lebih bagi kami untuk meneruskan pengabdian, membawa kejayaan Lamongan yang berkeadilan," ungkap Yuhronur.

Tidak hanya melakukan ziarah, Yuhronur dan rombongan juga meninjau pelaksanaan renovasi kompleks Makam Sunan Drajat yang dilaksanakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum.

Kompleks Makam Sunan Drajat yang merupakan kawasan pariwisata dan cagar budaya bernilai sejarah serta termasuk kawasan ekonomi khusus (KEK) ini dianggap perlu untuk dilakukan revitalisasi perbaikan prasarana kawasan dengan maksud untuk menunjang kegiatan.

Dari Makam Sunan Drajat di Kecamatan Paciran, Lamongan, selanjutnya bupati dan wakilnya bergerak menuju Makam Mbah Anggungboyo di Dusun Dukoh, Desa Pringgoboyo, Kecamatan Maduran. Makam Mbah Anggungboyo ini mulai dinamakan Makam Joko Tingkir sejak adanya kunjungan KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur), yang menurutnya makam tersebut adalah Makam Joko Tingkir.

Kedua tempat tersebut merupakan bentuk peninggalan sejarah penyebaran agama Islam di Lamongan.

Dijelaskan Yuhronur, banyak yang bisa dijadikan teladan dari cerita sejarah keberadaan makam-makam tersebut. Tentunya diharapkan mampu menjadi pemicu semangat dalam mewujudkan Lamongan yang lebih baik ke depannya.

"Budaya, sejarah inilah yang akan menjadi spirit untuk memperkuat tekad dan niat pengabdian demi kesejahteraan dan kejayaan Kabupaten Lamongan," pungkasnya. (qom/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO