Songsong Indonesia Emas, Ketua TP PKK Kota Pasuruan Kukuhkan Insan Genre Pusaka

Songsong Indonesia Emas, Ketua TP PKK Kota Pasuruan Kukuhkan Insan Genre Pusaka Ketua TP PKK Kota Pasuruan, Fatma Saifullah Yusuf, saat mengukuhkan Insan Genre Pusaka Kota Pasuruan.

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Indonesia diprediksi akan mengalami bonus demografi pada 2030 mendatang. Untuk menyongsong masa emas tersebut, generasi remaja perlu dipersiapkan sejak dini. Seperti yang dilakukan di Kota Pasuruan, dengan membentuk program generasi berencana (Genre) yang diisi para remaja.

itu secara resmi dikukuhkan oleh Ketua Tim Penggerak , Senin (7/3).

Dalam sambutannya, ia menyampaikan jumlah remaja Indonesia pada tahun 2010-2035 diproyeksikan mencapai 66,3 juta jiwa atau sekitar 25,6 persen dari total jumlah penduduk Indonesia. Atau bisa diartikan, satu dari setiap orang di Indonesia adalah remaja.

“Ini merupakan masa Indonesia emas, di mana jumlah penduduk usia produktif lebih banyak. Jikalau dikelola dengan baik, maka akan sangat menguntungkan dalam pembangunan di Indonesia,” tutur Fatma yang juga Bunda Genre Kota Pasuruan.

Menurut dia, BKKBN juga mengembangkan program Genre. Dalam program ini, remaja diajak merencanakan masa depannya sendiri agar mereka mampu melangsungkan jenjang pendidikan secara terencana, berkarir dalam pekerjaan secara terencana, serta menikah dengan penuh perencanaan.

"Program Genre ini merupakan wadah untuk mengembangkan dan mengedepankan pembentukan karakter bangsa di kalangan generasi muda di masa yang akan datang," kata Founder ini.

Ia memaparkan bahwa setiap remaja akan melewati 5 transisi, yakni harus mempraktikkan pola hidup sehat. Kedua, harus melanjutkan sekolah. Ketiga, harus mencari pekerjaan. Keempat, harus memulai kehidupan berkeluarga. Kelima, harus menjadi anggota masyarakat.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO