Kampung Akuarium Digusur Ahok, Kini Tanahnya Dibawa Anies ke IKN, Apa Maksudnya?

Kampung Akuarium Digusur Ahok, Kini Tanahnya Dibawa Anies ke IKN, Apa Maksudnya? Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan saat menyerahkan tanah dan air ke Presiden Jokowi di Ritual Kendi Nusantara. Anies Baswedan menjadi gubernur pertama yang menyarahkan air dan tanah pada ritual kendi IKN. Anies membawa tanah dari Kampung Akuarium /Foto: pikiran rakyat

JAKARTA, BANGSAONLINE.com – Komitmen Gubernur DKI Jakarta terhadap rakyat kecil harus diacungi jempol. Ia membawa tanah Kampung Akuarium ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara agar pembangunan kota baru itu tak memarjinalkan rakyat kecil.

"Tanah dari Kampung Akuarium menghadirkan harapan bahwa pembangunan kota baru yang akan dijadikan ibu kota ini hendaknya tidak memarjinalkan rakyat kecil dan justru nyata-nyata akan memberikan kemajuan dan kebahagiaan bagi semua, khususnya rakyat kebanyakan," kata Gubernur DKI Jakarta Anies Basweda di akun Facebooknya, Minggu (13/3/2022).

Yang juga menarik, tanah Kampung Akuarium yang dibawa Anies untuk IKN Nusantara itu dicangkul dan dikumpulkan oleh para ibu warga setempat. Di akun Facebook milik Anies itu disertakan video yang merekam para ibu saat mencangkul dan mengumpulkan tanah Kampung Akuarium.

Kampung Akuarium memiliki sejarah cukup kelam. Pada 2016 kampung Akuarium pernah digusur oleh Gubernur Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Gubernur etnis Tionghoa itu memang banyak melakukan penggusuran. Termasuk melarang para penjual kambing di pingggir jalan raya ketika menjelang Idul Adha atau Idul Qurban. Padahal semua kepala daerah memperbolehkan para penjual kambing di pinggir jalan karena waktunya hanya beberapa hari demi memudahkan umat Islam yang mau beli kambing untuk qurban.

(Presiden Jokowi dan saat menyatukan tanah dan air yang dibawa d ari Kampung Akuarium dengan tanah dan air dari 33 provinsi seluruh Indonesia. Foto: youtube setres)

Ahok menggusur Kampung Akuarium karena alasan tidak sesuai peruntukan ruang kota sekaligus untuk revitalisasi cagar budaya. Pemerintah DKI kala itu mengklaim warga di Kampung Akuarium berada di atas lahan yang berstatus milik PD Pasar Jaya.

Lihat juga video 'Presiden Jokowi Unboxing Sirkuit Mandalika, Ini Motor yang Dipakai':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO