KPU Kota Blitar Usulkan Anggaran Pilwali Naik Jadi Rp24 Miliar

KPU Kota Blitar Usulkan Anggaran Pilwali Naik Jadi Rp24 Miliar KPU Blitar saat audiensi terkait pesta demokrasi dengan pemerintah daerah setempat.

KOTA BLITAR, BANGSAONLINE.com - Anggaran Pemilihan Wali (Pilwali) Kota Blitar 2024 meningkat dibandingkan sebelumnya. KPU dalam usulannya menyampaikan bahwa kebutuhan anggaran mencapai Rp24 Miliar, meningkat Rp8 miliar daripada Pilwali 2020 yang menelan bujet sekitar Rp16 miliar. 

"Kami sudah menyampaikan kebutuhan anggaran senilai Rp24 miliar. Jadi ini sifatnya masih usulan, dan tentunya akan dibahas oleh tim anggaran ," kata Ketua KPU , Choirul Umam, usai audiensi bersama pemerintah daerah setempat, Rabu (23/3). 

Nantinya, akan ada sharing anggaran dengan pemerintah provinsi karena pelaksanaan Pilwali 2024 juga bersamaan dengan pemilihan gubernur. Menurut dia, sharing anggaran diperkirakan mencapai Rp2,5 miliar.

"Jadi dari usulan itu akan ada pengurangan-pengurangan. Usulan itu sudah beserta kebutuhan Alat Pelindung Diri (APD) Covid-19. Jadi kalau APD dibiayai provinsi ataupun APBN, tentu ada pengurangan lagi. Prediksi kita anggaran yang disetujui sekitar Rp19-20 miliar," paparnya.

Selain terkait Pilwali, dalam audiensi juga dibahas pencanangan zona integritas serta aset Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar yang akan diambil dan digunakan untuk perluasan Perpustakaan Daerah di Jalan Veteran.

"Kami sudah diberikan hibah tanah di Jalan Patimura oleh . Tapi, untuk pembangunannya kami komunikasikan dengan pemkot. Pemkot berkomitmen akan membangunkan gudang untuk KPU di aset tanah tersebut," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Bakesbangpol dan PBD , Toto Robandiyo, menyebut usulan anggaran pelaksanaan tengah dibahas Tim Anggaran .

"Kami belum tahu berapa kemampuan anggaran yang diberikan ke KPU untuk pelaksanaan . Ini masih akan kami bahas lebih lanjut," kata Toto. (ina/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO