Tindaklanjuti Pertemuan Bersama KKP RI, Bupati Hendy Larang Kelola Tambak di Sekitar Sempadan Pantai

Tindaklanjuti Pertemuan Bersama KKP RI, Bupati Hendy Larang Kelola Tambak di Sekitar Sempadan Pantai Bupati Hendy saat melakukan pengecekan di sekitar sempadan pantai.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Menindaklanjuti hasil dari pertemuan bersama Kementerian Kelautan dan Perikanan () Republik Indonesia (RI), Bupati menegaskan bahwa tidak ada yang boleh mengelola tambak di sekitar pantai.

Bupati   mengaku telah menertibkan usaha tambak, yang hingga hari ini (Senin, 06/06/2022) masih berada di sepanjang pantai.

"Tidak boleh, ada aturannya, (tambak) dilarang di pantai. Kemarin Pemkab menertibkan lahan (di pesisir)," ungkapnya.

Hal itu senada dengan yang dipesankan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan RI  bahwa peningkatan produktivitas perikanan di , harus tetap memerhatikan keberlanjutan ekosistem. Ia berpendapat bahwa laut sehat adalah kunci kegiatan ekonomi perikanan bisa dilakukan secara optimal. "Yang paling penting, kesehatan laut harus menjadi yang utama,” ujarnya.

Sebagai solusinya, merencanakan membangun tambak modern di luar area pantai. Hal tersebut akan dilakukan dengan mengajak pengusaha tambak agar turut berkolaborasi. Sehingga, mereka tidak merugikan lingkungan dan tetap bisa menjalankan bisnis tambaknya.

"Ayo diurus izinnya. Pindah ke sebelah mana, terserah anda. Ajukan izin ke kami. Pemkab tidak akan minta apa-apa, minta bagaimana mereka bisa membayar pajak. Bagi hasil kecil tak masalah, tapi untuk masyarakat paling banyak. Dengan syarat yang bekerja di tambak itu harus orang sekitar," terangnya.

merupakan salah satu kabupaten yang masuk dalam Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia (WPPNRI) 573 Perairan Samudera Hindia, karena masih menjadi bagian dari kawasan Pantai Selatan Jawa.

Update terakhir pada 27 Oktober 2021 oleh Badan Pusat Statistik (BPS) , data produksi perikanan laut pada tahun 2020 sebanyak 9.977 ton dengan nilai mencapai Rp130,442 miliar. Komoditas utamanya berupa ikan lemuru, layang, tongkol, layur, dan cakalang. Nelayan penangkapnya sebagian besar merupakan nelayan tradisional.

Lihat juga video 'Nekat Ritual di Laut, 10 Warga Jember Meninggal Tersapu Ombak':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO