Ingatkan Tentang Overhead Capital, Sejumlah Aktivis Anti-Korupsi Datangi UKPBJ Pemkab Situbondo

Ingatkan Tentang Overhead Capital, Sejumlah Aktivis Anti-Korupsi Datangi UKPBJ Pemkab Situbondo Sejumlah anti-korupsi saat mendatangi UKPBJ Pemkab Situbondo. foto: MURSIDI/ BANGSAONLINE

SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Sejumlah elemen masyarakat yang diketuai aktivis senior Amirul Mustafa mendatangi Unit Kerja Pengadaan Barang dan Jasa (UKPBJ) Pemkab Situbondo, Rabu (22/6/2022).

Kedatangannya dalam rangka untuk memberikan masukan agar dapat mengutamakan potensi lokal dalam menetapkan pemenang lelang.

"Bertukar pikiran, dan memberi masukan tentang pengadaan barang dan jasa yang sudah memasuki masa lelang," ujar Amirul Mustafa saat menjelaskan maksud kedatangannya kepada sejumlah wartawan.

Aktivis anti-korupsi ini mengemukakan bahwa modal belanja pengadaan barang dan jasa merupakan sosial overhead yang merupakan faktor penting dari pertumbuhan ekonomi lokal di Kabupaten Situbondo.

"UKPBJ ini harus ingat, bahwa Undang-Undang Jasa Kontruksi yang terbaru dan aturan pelaksanaannya, agar lebih mengutamakan potensi lokal, baik itu sumber daya manusia, sumber daya alam, serta teknologi, dan peralatan lainnya," terangnya.

Untuk itu, aktivis yang terkenal vokal ini berharap, tidak hanya bersandar pada aturan pengadaan barang dan jasa seperti Perpres dan Perka LKPP dalam menetapkan pemenang lelang. Namun juga mempertimbangkan dasar hukum lain dalam uji kualifikasi dan penetapan pemenang peserta lelang.

"Ada UU Administrasi Pemerintahan, UU Perbendaharaan Negara, UU Pengelolaan Keuangan Negara, bahkan ada UU Tindak Pidana Korupsi, yang juga harus menjadi pertimbangan untuk menetapkan pemenang," tegasnya.

Amir menegaskan, bahwa masukan yang disampaikan tersebut dalam kerangka tidak mengesampingkan asas persaingan usaha, dan juga dalam rangka menghindari segala bentuk pertentangan kepentingan, demi terciptanya kondusivitas di Kabupaten Situbondo.

"Intinya kami berharap, tujuan pengadaan barang dan jasa, yaitu indikator utama dalam pertumbuhan ekonomi lokal di daerah dapat tercapai," pungkasnya. (mur/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO