Tingkatkan Kemampuan Pegawai, Bea Cukai Madura Gelar P2KP

Tingkatkan Kemampuan Pegawai, Bea Cukai Madura Gelar P2KP Suasana pelatihan Program Peningkatan Keterampilan Pegawai (P2KP) bertajuk 'Kenali Pita Cukaimu' yang digelar Bea Cukai Madura.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bea Cukai Madura (BCM) rutin melaksanakan Program Peningkatan Keterampilan Pegawai (P2KP) setiap bulan. Ini dilakukan untuk meningkatkan kemampuan pegawai pada instansi yang dipimpin Yanuar Calliandra dalam memahami dan mengidentifikasi pita cukai rokok.

"Pemilihan tema 'Kenali Pita Cukaimu', dimaksudkan untuk mengajak seluruh pegawai Bea Cukai Madura agar mengetahui terkait desain pita cukai tahun 2022," kata Pemeriksa Bea dan Cukai Ahli Pertama, Ari Yussalam, Rabu (11/5/2022).

"Setiap tahun, desain pita cukai selalu berubah. Jika di tahun 2021, desain pita cukai menggunakan tema biota laut, maka di tahun 2022 desain pita cukai bertema tentang burung endemik," imbuhnya.

Ia memaparkan urutan tata cara identifikasi pita cukai tahun 2022 dengan kasat mata, kaca pembesar, lampu UV, holoreader, jarum, dan cairan. Dengan demikian, para pegawai diharapkan mampu mengawasi secara maksimal, khususnya dalam memberantas pelanggaran di bidang cukai (pemalsuan).

Dalam kesempatan tersebut, para pegawai tak hanya menerima materi terkait desain pita cukai rokok, mereka diberi kesempatan untuk praktik langsung mengidentifikasi seutas kertas yang biasa terpasang pada sigaret itu. (dim/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO