Soroti Sepinya Pudak Galeri, Bendahara PDIP Gresik: Masih Ramai Warkop Cak Ri

Soroti Sepinya Pudak Galeri, Bendahara PDIP Gresik: Masih Ramai Warkop Cak Ri Kolase foto antara Pudak Galeri di Jalan Pahlawan, Gresik, dan Bendahara DPC PDIP Gresik Siti Muafiyah. Foto: SYUHUD/BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Bendahara DPC PDIP Gresik, Siti Muafiyah, menyoroti kondisi Pudak Galeri di Jalan Pahlawan, Gresik, yang kian sepi pengunjung. Pengusaha batik dan perhiasan ini mengaku prihatin atas keadaan tersebut dan mempertanyakannya. 

"Sebagai salah satu UMKM, saya sangat menyayangkan sepinya Pudak Galeri yang dibangun dengan dana APBD miliaran rupiah. Padahal, kalau tempat itu bisa dikelola dengan baik, bisa memberdayakan para pelaku usaha kecil. Pudak Galeri saat ini menjadi apa?" ujarnya kepada BANGSAONLINE.com, Selasa (5/7/2022).

Menurut dia, keberadaan Pudak Galeri masih kalah dengan warung kopi (warkop) Cak Ri yang sudah pindah dari belakang Kantor Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Gresik. Pelanggannya tetap mencari walau warung itu beralih tempat karena lahan yang dikontrak terkena proyek DKP, dan sekarang berada di Kawasan Industri Gresik (KIG).

"Meski warkop Cak Ri pindah, tapi pelanggan tetap mencari, memburu kopinya. Berarti ada sesuatu yang membuat pelanggan, pecinta kopi terpikat, karena itu di mana pun warkop Cak Ri pindah tetap dicari," ungkapnya.

Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perindustrian, dan Perdagangan Gresik diminta mencontoh kiat-kiat Cak Ri agar memikat pengunjung. Ia pun berharap ide pembangunan Pudak Galeri tak seperti halnya petasan bantingan.

"Bagaimana Diskop harus bisa mencari cara agar masyarakat bisa datang dan enjoy belanja produk UMKM, makan, ngopi dan kegiatan lain di Pudak Galeri. Sehingga, tak sepi seperti saat ini. Ojo koyok (jangan seperti) mercon bantingan, nek punya ide. Jedar !!!! Buyar!!!!," ucap mantan anggota Komisi II DPRD Gresik itu.

Keberadaan Pudak Galeri diharapkan benar-benar dikelola oleh organisasi perangkat daerah (OPD) terkait untuk mempromosikan makanan lokal. Seperti menjadikannya paket wisata, karena keberadaaan Pudak Galeri di areal parkir Makan Sunan Malik Ibrahim.

"Aku pingin badogan (ingin makanan) Gresik disajikan di Pudak Galeri, menjadi icon," pungkasnya.

Wakil Ketua DPRD Gresik, Ahmad Nurhamim, menyebut APBD Gresik yang tersedot untuk pembangunan Pudak Galeri dan gedung pertemuan cukup besar, yakni Rp8 miliar. Ia meminta kepada OPD terkait agar serius mengelola Pudak Galeri untuk membangkitkan perekonomian.

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':