Lestarikan Makanan Tradisional, ini yang Dilakukan Kafe Ubi dan Mahasiswa FISIP UMM

Lestarikan Makanan Tradisional, ini yang Dilakukan Kafe Ubi dan Mahasiswa FISIP UMM Penyerahan hadiah kepada pemenang lomba masak berbahan ubi.

KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Guna melestarikan ubi sebagai salah satu makanan tradisional Indonesia, mahasiswa praktikum FISIP (UMM) bekerja sama dengan Kafe Ubi Desa Pandanrejo Kota Batu menggelar makan ubi bersama, Minggu (24/7/22). Selain itu, para mahasiswa juga mengadakan  di lapangan desa setempat.

"Ubi merupakan salah satu ikon makanan tradisional Indonesia yang harus dilestarikan. Itu sebabnya kami bekerja sama dengan kafe ubi menggelar makan ubi bersama sekaligus senam sehat bersama masyarakat," ujar Dewi Fith, ketua pelaksana event senam sehat dan makan ubi bersama, Minggu (24/7/22) pagi.

Acara ini merupakan rangkaian kegiatan praktikum mahasiswa semester 6 FISIP UMM di kafe ubi yang sudah berlangsung tiga bulan. Tim praktikum ini dinamai shankara yang beranggotakan 8 mahasiswa.

"Sebelum acara makan ubi bersama ini, kemarin kami juga sudah menggelar acara masak bersama berbahan baku ubi yang diikuti beberapa kelompok warga setempat. Alhamdulillah mereka sangat antusias," ungkap Dewi.

Dalam lomba masak itu, peserta wajib membuat menu utama dan makanan penutup. Alhasil, peserta berhasil membuat susi ubi sebagai menu utama. Selebihnya berupa roti ubi (rosibi), mochi, lumpur, dan puding ubi sebagai makanan penutup.

Rencananya, panitia juga menggelar lomba foto bertemakan kafe ubi. Syaratnya, pengunjung wajib mengambil objek di area kafe ubi dan hasilnya diunggah ke Instagram. Lomba foto ini berlangsung mulai Senin (25/7/22) hingga 31 Juli mendatang.

Simak berita selengkapnya ...