Dampak Positif dan Negatif Era Revolusi Industri 4.0 dalam Hal Komunikasi

Dampak Positif dan Negatif Era Revolusi Industri 4.0 dalam Hal Komunikasi Bagus Wicaksono.

Oleh: Bagus Wicaksono*

Komunikasi adalah proses pertukaran informasi atau pesan antara individu atau kelompok. Komunikasi dapat terjadi melalui berbagai media dan saluran, termasuk lisan, tulisan, visual, dan elektronik.

Dalam era revolusi industri 4.0, komunikasi mengalami transformasi besar-besaran berkat kemajuan teknologi. Hal ini memiliki peran penting dalam semua aspek kehidupan.

Era revolusi industri 4.0 merupakan revolusi baru yang lebih modern. Hal ini mempengaruhi banyak perubahan dalam kehidupan akibat perkembangan teknologi digital yang mencakup banyak teknologi baru dan terkini, seperti internet of things (IoT), kecerdasan buatan (AI), big data, cloud computing dan robotika yang dapat mempengaruhi pola berpikir masyarakat.

Salah satu contoh perubahan era dan perkembangan teknologi digital yaitu ketika berbelanja. sebelum era revolusi industri 4.0, masyarakat harus pergi ke toko untuk berbelanja. Namun di era revolusi industri 4.0, masyarakat bisa berbelanja dengan mudah dirumah melalui media online atau e-commerce.

Contoh lainnya yaitu interaksi dan komunikasi. Sebelum revolusi industri 4.0, komunikasi masih sangat terbatas. Masyarakat hanya biasa berkomunikasi melalui telepon, surat, atau pertemuan tatap muka.

Namun pada revolusi industri 4.0, interaksi dan komunikasi dapat dilakukan dengan cepat, mudah, dan lebih efektif menggunakan internet, ponsel pintar, dan media sosial seperti aplikasi WhatsApp yang masih kita gunakan hingga saat ini.

Selain itu, masih banyak lagi contoh perubahan di era revolusi industri 4.0 yang menunjukkan adanya perubahan pada kebiasaan dan perilaku masyarakat di seluruh dunia. Kemajuan teknologi, ilmu pengetahuan, komunikasi, dan perubahan sosial telah membawa banyak perubahan yang cukup signifikan dalam berbagai aspek kehidupan manusia di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Dalam hal ini, saya juga ikut merasakan perkembangan teknologi komunikasi ini yang terjadi di lingkungan sekitar saya, khususnya di tempat saya menimba ilmu, yaitu di .

Beberapa contoh komunikasi di era revolusi industri 4.0 yang diterapkan di , yaitu kemampuan perangkat yang terhubung ke dalam internet sehingga mampu berkomunikasi dengan banyak perangkat dan sistem yang terhubung ke internet.

Tentu saja hal ini menciptakan sebuah jaringan yang sangat luas, di mana mahasiswa dapat mengakses kuliah secara online atau e-learning. Hal ini juga berlaku pada digital library UMM yang memudahkan mahasiswa mencari buku dan hasil penelitian.

Tidak hanya itu, ada teknologi komunikasi M2M (Machine-to-Machine) di . Yakni berupa sebuah mesin penjualan minuman secara otomatis yang apabila mahasiswa atau karyawan ingin membeli minuman, cukup dengan memasukan uang sesuai dengan harga yang dicantumkan ke dalam mesin. Pembeli tinggal memilih minuman apa yang mau dibeli, maka minuman akan langsung keluar melalui mesin tersebut.

Hal ini merupakan contoh perkembangan teknologi yang membuat mahasiswa atau karyawan berinteraksi dengan sebuah mesin.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO