Buka Workshop Bangga Kencana di Yogyakarta, ini Pesan Bupati Gresik

Buka Workshop Bangga Kencana di Yogyakarta, ini Pesan Bupati Gresik Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani beserta para kepala OPD saat pembukaan workshop di Yogyakarta. Foto: Ist.

YOGYAKARTA, BANGSAONLINE.com - membuka Bagi Mitra Kerja yang diadakan Dinas Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKBP3A) Kabupaten Gresik di Ballroom Hotel Kimaya, YogYakarta, Sabtu (30/7/2022).

Kegiatan ini dalam rangka meningkatkan kinerja dan kreativitas SDM bangga kencana terkait optimalisasi mitra kerja dalam program pembangunan keluarga dan penanganan stunting.

Bupati mengimbau kepada seluruh stakeholder terkait untuk lebih gencar memberikan edukasi ke daerah atau titik fokus perbaikan gizi dalam rangka mencegah dan penanganan permasalahan stunting.

"Perbaikan gizi dan pola asuh merupakan variabel penting pendorong dalam penanganan permasalahan stunting di Kabupaten Gresik," ucapnya.

"Melalui momen penting ini kita bersama fokus dalam menurunkan angka stunting dengan komitmen bersama dalam peningkatan peran aktif OPD didukung dengan data yang valid sebagai arah kebijakan kita," imbuhnya.

Menurutnya, basis data harus menjadi acuan dalam mengurai dan menuntaskan masalah stunting dan sebagai tindak lanjut penanganan dengan berbagai langkah.

Saat ini, kata bupati, ada 10 kecamatan yang harus diprioritaskan sebagai lokus penanganan stunting. Hal ini harus diterapkan dari desa agar RPJMDes-nya (rencana pembangunan jangka menengah desa) benar-benar terpotret dan bergerak masif.

Adapun 10 kecamatan yang menjadi lokus penanganan stunting adalah Kecamatan Dukun, Ujung Pangkah, Sidayu, Kebomas, Driyorejo, Wringinanom, Kedamean, Menganti, Cerme, dan Duduksampeyan.

Pada kesempatan ini, bupati juga meminta dinas komunikasi dan informasi (diskominfo) serta bagian protokol dan komunikasi pimpinan (prokopim) agar berkolaborasi dengan OPD lain untuk berperan memberikan informasi kepada masyarakat sebagai kebijakan publik bahwa pemerintah serius terhadap kasus stunting.

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':