Atasi Banjir, BBWS Brantas Normalisasi Sungai Legok

Atasi Banjir, BBWS Brantas Normalisasi Sungai Legok Alat berat ekskavator jenis amfibi saat mengeruk sedimentasi di Sungai Legok.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas melakukan normalisasi sungai pembuangan di , Kabupaten Pasuruan.

Normalisasi yang dilakukan menggunakan alat berat ekskavator jenis amfibi ini bertujuan memaksimalkan fungsi sungai sebagai aliran air, serta mencegah banjir.

Menurut Hadi Suar, salah satu warga setempat, Sungai memang sering meluap belakangan ini. Utamanya setiap musim hujan tiba, ratusan masyarakat yang tinggal di sepanjang sungai selalu khawatir rumahnya digenangi luapan air bah. Hal ini disebabkan sungai mengalami pendangkalan dan penuh sampah.

"Kami atas nama warga merasa bersyukur dengan adanya normalisasi ini. Mudah-mudahan dengan adanya normalisasi ini Warga Legok khususnya, bisa terbebas dari banjir," harapnya.

Hadi mengungkapkan, sudah lama tidak dilakukan normalisasi sehingga mengalami pendangkalan. Selain itu, badan sungai juga dipenuhi ilalang yang dapat menghambat aliran sungai.

Terpisah, Kades Legok Nur Salam menjelaskan bahwa kegiatan normalisasi yang dilakukan oleh memang ditunggu-tunggu oleh warga. Sebab, banjir yang menggenangi rumah warga sudah menjadi bencana rutinan setiap tahun.

"Kita bersyukur usulan yang kita sampaikan ke wabup beberapa pekan lalu langsung direspons oleh pihak balai besar," jelasnya.

Sementara Suhermaji, pelaksana kegiatan dari pihak yang dikonfirmasi BANGSAONLINE.com mengatakan normalisasi lebih kurang sepanjang 1.500 meter kali lebar sungai.

"Untuk penanganan nanti rencananya akan diterjunkan dua alat jenis ekskavator dan alat berat standar," jelas pria asal Gresik ini. (bib/par/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video '6 Hari Terseret Banjir, Petani di Pasuruan Ditemukan Mengapung':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO