Wali Kota Pasuruan Launching ADM, Masyarakat Bisa Urus Dokumen Kependudukan Secara Mandiri

Wali Kota Pasuruan Launching ADM, Masyarakat Bisa Urus Dokumen Kependudukan Secara Mandiri Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf (pakai peci) saat menyerahkan kartu keluarga (KK) yang dicetak dari anjungan dukcapil mandiri usai launching.

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Wali Kota me-launching mesin () bertempat di Gedung Gradika Praja, Pemkot , Sabtu (27 /08/22).

Launching tersebut dihadiri oleh Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri Prof. Zudan Arif Fakrulloh beserta sejumlah OPD.

Dalam sambutannya, mengatakan mesin tersebut merupakan bentuk transformasi pelayanan manual ke sistem pelayanan online untuk mempermudah warga Kota yang membutuhkan dokumen administrasi kependudukan (adminduk).

Dengan adanya , masyarakat dapat mengurus dokumen adminduk secara mandiri. Mulai dari mengunggah berkas yang dibutuhkan secara online, hingga mencetaknya melalui mesin .

"Mudah-mudahan aplikasi () yang dibuat ini oleh kami sangat memudahkan sekaligus mempercepat. Apalagi dengan adanya perkembangan saat ini yang disebut smart city," ucap , sapaan karib Wali Kota .

Bahkan, Mantan Wagub Jatim itu berencana menambah satu unit lagi apabila ternyata mesin tersebut diminati masyarakat dan efektif.

Sementara Prof. Zudan Arif Fakrulloh mengapresiasi inovasi Dispendukcapil Kota yang me-launching . Ia juga memberi saran agar disediakan ruangan khusus untuk pusat informasi.

“Pelayanan yang diberikan sudah baik, dan saya langsung menanyakan kepada masyarakat yang sedang mengurus surat-surat kependudukan, mulai dari pembuatan KK, KTP, penggantian KTP yang rusak, dan pelayanannya pun juga maksimal,” pungkasnya.

Ketersediaan data yang akurat dan selalu update juga menjadi perhatian tersendiri bagi Prof. Zudan. Menurutnya, data yang tersedia secara akurat dan selalu update penting sebagai bahan evaluasi dan laporan kepada Mendagri atau Presiden.

“Data itu harus selalu dipegang. Agar data itu tidak hilang, silakan data itu disimpan dengan baik, misalnya melalui website yang sudah tersedia,” pungkasnya. (ard/par/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Penuhi Air Bersih Warga, Pemdes Krandegan Sukseskan Program SPAM dari PUPR':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO