Ada Ratusan Desa dan Puluhan Kecamatan, Kabupaten Blitar Hanya Miliki 3 Unit Mobil Damkar

Ada Ratusan Desa dan Puluhan Kecamatan, Kabupaten Blitar Hanya Miliki 3 Unit Mobil Damkar Sejumlah unit kendaraan milik Damkar Kabupaten Blitar.

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Kabupaten hanya memiliki 3 kendaraan pemadam kebakaran (damkar) yang terdiri dari dua mobil pemadam dan satu penyelamat. Hal tersebut dinilai tidak sesuai dengan luas wilayah yang memiliki 22 kecamatan dan 248 desa/kelurahan itu.

Kepala Unit Damkar Kabupaten , Andi Putra Sagita, mengatakan bahwa jumlah armada yang minim menyulitkan petugas dalam menjangkau wilayah yang jauh. Sebab, idealnya setiap kecamatan terdapat satu mobil damkar.

"Kalau idealnya memang satu kecamatan satu (mobil damkar). Kalau tidak, bisa dipetakan menjadi empat wilayah. Timur berapa kecamatan, selatan berapa, dan seterusnya. Minimal ada 4 pos," ujarnya saat dikonfirmasi Kamis (15/9/2022).

Ia menyebut, kurangnya armada berimbas pada efisiensi waktu, terlebih jika lokasi kejadian jauh dari pusat kota. Sebab dua mobil pemadam berada di markas damkar, sehingga petugas butuh waktu puluhan menit untuk sampai di lokasi kejadian.

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Ikuti Google Maps, Mobil Pikap di Blitar Dilewatkan Jembatan Bambu, Nyaris Terporosok':