Ombudsman RI: Kemenkumham Telah Laksanakan Seluruh Saran terhadap Kebijakan Lalu Lintas WNA

Ombudsman RI: Kemenkumham Telah Laksanakan Seluruh Saran terhadap Kebijakan Lalu Lintas WNA Ketua Ombudsman, Muhammad Najih saat memberikan sambutan di Gedung Ombudsman RI, Kamis (14/09/2022).

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Hasil kajian menunjukkan bahwa telah melaksanakan seluruh saran kebijakan lalu lintas WNA ke Indonesia semasa penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi nasional.

Salah satunya adalah penerbitan Permenkumham No. 34 tahun 2021 tentang Pemberian Visa dan Izin Tinggal Keimigrasian dalam Masa Penanganan Penyebaran Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional.

"Kami mengapresiasi respons ditjen imigrasi, bahwa saran dari Ombudsman dapat dijalankan sebaik-baiknya. Seperti kita tahu, selama pandemi isu perlintasan mendapat perhatian luas dari masyarakat," ungkap Ketua Ombudsman, Muhammad Najih saat memberikan sambutan di Gedung , Kamis (14/09/2022).

Menurutnya, menjaga agar perlintasan keluar/masuk negara tidak hanya memenuhi syarat administratif tetapi juga standar kesehatan, sangat penting. Hal ini guna menjamin tidak ada kerugian yang bisa timbul di kemudian hari.

"Ombudsman melihat bagaimana pelaksanaan kebijakan praktis yang dilaksanakan di . Misalnya, Permenkumham No 27 Tahun 2021 tentang pembatasan orang asing masuk ke Indonesia dalam masa PPKM. Kami melihat perlu ada evaluasi kebijakan di masa pandemi dan ini direspons baik oleh imigrasi," pungkas Najih.

Beberapa poin saran kebijakan lalu lintas WNA ke Indonesia itu antara lain:

  • - Penerbitan Permenkumham No. 34 tahun 2021
  • - Pengetatan permohonan visa, yakni membuat ketentuan tentang pihak penjamin
  • - Peningkatan kompetensi petugas penginput data di tempat pemeriksaan imigrasi (TPI)
  • - Integrasi data perlintasan WNA yang masuk RI, data izin tinggal dan data permohonan paspor
  • - terus melakukan sinkronisasi data dan pengembangan master data management (MDM) yang meliputi distribusi, konsolidasi, sinkronisasi dan data cleansing.

Sumber: Humas Kantor Imigrasi Malang

Simak berita selengkapnya ...