Perbaiki Jalan Menuju Pulau Merah, Dinas PUCKPP Banyuwangi Siapkan Rp4,8 Miliar

Perbaiki Jalan Menuju Pulau Merah, Dinas PUCKPP Banyuwangi Siapkan Rp4,8 Miliar Petugas dari Dinas PUCKPP Banyuwangi saat mengukur jalan.

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Pemkab melalui dinas pekerjaan umum cipta karya perumahan dan permukiman (PUCKPP) menyiapkan anggaran senilai Rp4,8 miliar dari APBD 2022 untuk pembangunan jalan utama Lowi, Kecamatan Pesanggaran. Perbaikan akses menuju Pulau Merah itu dinilai dapat meningkatkan kunjungan pelancong dan perekonomian masyarakat.

Kepala Teknik Jalan dan Jembatan Kegiatan Bidang Bina Marga dan Kegiatan Jembatan UPTD Genteng dan UPTD , Amirul Muslimin, mengatakan bahwa pengerjaan akan dimulai setelah perusahaan tambang emas setempat menyelesaikan pengerjaan tahap pertama di ruas jalan tersebut.

"Perusahaan menggarap ruas sepanjang 2,2 kilometer, sementara kami akan melanjutkan ruas sisanya hingga perempatan pasar Pesanggaran kurang lebih 2,2 kilometer. Itu sudah termasuk di kawasan gunung gamping. Pagu yang kita anggarkan kurang lebih sekitar Rp4,8 miliar," ujarnya saat dikonfimasi, Selasa (20/9/2022).

Nantinya, ruas jalan utama yang lebarnya hanya 4 meter akan diperlebar menjadi 6 meter. Kemudian, kata Amir, jalan lingkar di depan Kantor Desa Sumbermulyo, Pesanggaran, akan diperlebar menjadi 5 meter.

"Perbaikan infrastruktur ruas jalan Lowi ini diharapkan dapat memudahkan aksesibilitas wisatawan menuju Pulau Merah, salah satu destinasi wisata andalan Kabupaten ," tuturnya.

Dengan infrastruktur yang memadai, mobilitas masyarakat bakal lebih mudah. Sehingga, berbagai tujuan ekonomi dan non-ekonomi dapat tercapai, serta mendorong pemerataan pembangunan di wilayah selatan Bumi Blambangan. (guh/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Cuaca Kurang Bersahabat, Pelabuhan Ketapang-Gilimanuk Ditutup':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO