Bersama Ribuan Warga, Wakil Bupati Mojokerto Hadiri Tradisi Barakan di Desa Gading

Bersama Ribuan Warga, Wakil Bupati Mojokerto Hadiri Tradisi Barakan di Desa Gading Wakil Bupati Mojokerto, Muhammad Al Barra, saat memotong tumpeng dalam Tradisi Barakan di Desa Gading.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Wakil Bupati , Muhammad Al Barra, atau yang akrab disapa bersama ribuan warga di Desa Gading, Kecamatan Jatirejo, mengikuti Tradisi Barakan dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, Sabtu (8/10/2022).

Ia menyebut, kegiatan ini merupakan salah satu kearifan lokal yang harus tetap dipertahankan. Pasalnya, kata , dengan melestarikan budaya nenek moyang yang sudah turun-temurun sama halnya dengan uri-uri budaya leluhur bangsa.

"Saya sampaikan terima kasih kepada Kepala Desa Gading, Ketua Pelestari Seni dan Budaya Nusantara Desa Gading, serta seluruh warga yang hadir di lapangan ini. Kita bersyukur semua bisa hadir dalam acara tradisi Barakan yang ke-12 dalam acara pekan budaya maulid yang diselenggarakan oleh Pondok Pesantren Babul Khoir," ujarnya.

"Semoga khususnya kepada Pondok Pesantren Babul Khoir dan Kepala Desa Gading yang mana pada sore hari ini acara bawaan yang ke-12 berjalan dengan lancar tanpa kekurangan suatu apapun. Acara ini juga dimaksudkan agar silaturahmi masyarakat tetap terjaga dan harmonis," tuturnya.

Kegiatan yang digelar selama 3 hari itu, dibuka langsung oleh . Ribuan warga dari usia lanjut hingga remaja mengikuti arak-arakan di sepanjang Jalan Raya Sumengko hingga lapangan Desa Gading sembari menaburkan bunga-bunga dan uang koin, acaranya terbilang unik dan menarik sebagai bentuk kearifan lokal.

"Senang sekali, bisa ketemu teman dari desa lain, saling ngobrol menjadi nambah teman. Hiburannya sangat bervariatif, ada bantengan, karnaval, barakan, dan rebutan uang koin. Apalagi, acara ini digelar sampai 3 hari,"  kata Yana salah satu warga setempat. (ris/sis)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Pandemi, Ketua TP PKK Kabupaten Mojokerto Ajak Anggotanya Peduli Sesama':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO