Buka Turnamen Futsal Sarungan, Gus Ipul Ingatkan Resolusi Jihad 22 Oktober

Buka Turnamen Futsal Sarungan, Gus Ipul Ingatkan Resolusi Jihad 22 Oktober Wali Kota Pasuruan Saifullah Yusuf menendang bola tanda dimulainya turnamen futsal sarungan, Senin (10/10/2022).

KOTA PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Turnamen futsal sarungan dalam rangka menyambut Peringatan (HSN) 2022 dan (NU) resmi dibuka oleh Wali Kota Pasuruan , Senin (10/10/2022). Kompetisi yang dihelat di Lapangan Futsal Arena Citra Petahunan Kota Pasuruan tersebut diikuti 32 tim.

Dalam sambutannya, -sapaan Wali Kota Pasuruan- mengungkapkan lima cinta yang harus dimiliki oleh setiap santri. Yaitu, cinta Allah swt, cinta rasul, cinta ulama, cinta guru, dan cinta ilmu.

“Kalau hilang satu dari kelima cinta, maka diragukan menjadi santri tulen. Maka sebagai seorang santri harus siap memberikan segalanya,” ujarnya.

Menurut Wakil Gubernur Jawa Timur, peran santri dalam pembangunan Bangsa Indonesia sudah terbukti. Yakni dengan tercetusnya resolusi jihad 22 Oktober oleh KH. Hasyim Asy'ari yang mengobarkan semangat santri dalam melawan penjajah untuk merebut kemerdekaan.

"Memang sejarah tidak dapat mengungkap ke publik secara terang resolusi jihad 22 Oktober. Tetapi kemudian tragedi 10 November pemicunya adalah resolusi jihad yang dikeluarkan Mbah Hasyim bersama ulama dan kiai," katanya.

Karena itu, mengajak para santri mempelajari sejarah perjuangan Bangsa Indonesia, sehingga dapat mengamalkan lima cinta.

Ia berharap setiap santri bisa meneladani guru-guru yang memiliki spiritual happiness atau kebahagiaan spiritual.

Lihat juga video 'Buntut Video Joget Viral di Pasuruan, Oknum Kepala Sekolah Diberi Sanksi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO