Kelompok Wanita Tani di Lereng Kelud Kediri Terima Pelatihan Diversifikasi Olahan Nanas

Kelompok Wanita Tani di Lereng Kelud Kediri Terima Pelatihan Diversifikasi Olahan Nanas Para peserta pelatihan dari kelompok wanita tani (KWT) di lereng Gunung Kelud saat mempraktekkan membuat pie nanas. Foto: Ist.

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten melakukan pelatihan diversifikasi produk olahan nanas kepada kelompok wanita tani (KWT) di Lereng Gunung Kelud tepatnya di Balai Desa Babadan, Kecamatan Ngancar, Kabupaten , Sabtu (15/10/2022).

Kegiatan itu, Dinas Pertanian dan Perkebunan menggandeng mahasiswa dari Polinema memberikan pelatihan pengolahan buah nanas menjadi pie nanas kepada peserta yang berjumlah sekitar 40 orang.

Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten , Anang Widodo menyampaikan, seperti arahan Bupati Hanindhito Himawan Pramana, pelatihan ini terus digenjot supaya muncul keragaman produk yang bisa meningkatkan nilai ekonomi untuk petani.

"Kita harapkan setelah pelatihan ini mereka mampu mengolah buah nanas menjadi olahan pie nanas, sehingga jangkauan pasar meningkat dan tidak terbatas pada penjualan buah segar," katanya.

Menurutnya, di Kecamatan Ngancar adalah salah satu sentra nanas di Bumi Panjalu. Bahkan, nanas Pasir Kelud (PK-1) yang menjadi produk unggulan Kabupaten ini, menjadi kebanggan Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa dan sering dipamerkan kepada tamu yang datang di Jatim.

"Adanya pelatihan diversifikasi buah nanas ini, nanas yang tidak masuk grade standar mutu untuk dijual buah segar dapat diolah menjadi produk lain, seperti pie nanas. Dengan begitu dapat meningkatkan nilai ekonomi buah nanas.

Untuk nanas kualitas premium (dijual buah segar) kita juga ada," tuturnya.

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO