Pemkab Probolinggo Gelar Lomba Balap Hand Tractor

Pemkab Probolinggo Gelar Lomba Balap Hand Tractor Bupati Hj Tantriana Sari SE saat melepas lomba balap traktor. foto: andi sirajudin/BANGSAONLINE

PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Balapan motor atau balapan kuda, sudah biasa terjadi. Kali ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo menggelar lomba unik, yaitu lomba balap traktor tangan (hand tractor). Lomba digelar Bupati Hj Tantriana Sari SE bersilaturahmi kepada petani, menjelang musim tanam, kemarin.

Pemkab melalui Dinas Pertanian menggelar lomba hand traktor di sawah, di Kecamatan Kraksaan. Lomba yang diikuti 66 Kelompok Tani se-Kabupaten Probolinggo ini, terlihat meriah. Pengendara memilih menghentikan kendaraannya, untuk melihat perlombaan.

Sesekali Bupati Tantri yang didampingi anggota DPR-RI Drs Hasan Aminuddin MSi, sesekali tertawa menyaksikan peserta sibuk mengoperasikan traktor yang berlari lamban. Dalam lomba ini, pemenang pertama mendapatkan uang tunai sebesar Rp 1,5 juta dan piala.

Bupati Hj Tantriana Sari SE mengatakan, kegiatan ini sengaja digelar sebagai ajang pertemuan antara Bupati dengan petani. Melalui ajang ini, terjadi dialog antara petani dengan para pelaksana dan pimpinan daerah. Di mana, menurut Bupati, sekaligus sebagai ajang uji coba hand tractor, bantuan dari Presiden RI, Joko Widodo.

“Sekalian saya ngecek performa hand tractor dan melakukan silaturahmi dengan petani. Selama ini ajang silaturahmi dengan petani hanya dikemas dengan kegiatan seremonial saja, namun kali ini, ada dialog dan bertata muka langsung dengan Bupati. Ini punya nilai lebih dari kegiatan biasa pada umumnya,” tegas Tantri, kepada BANGSAONLINE.com, usai acara.

Lebih jauh Tantri mengaku, dengan bantuan hand tractor yang telah dibagikan ini, akan mengurangi beban petani dan diharapkan dapat menambah produktifitas.

“Gunakan Hand Tractor yang telah dibagikan dengan baik, guna mendukung kegiatan bercocok tanam. Karenanya, mari kita dukung program swasembada pangan yang telah didengungkan pemerintah pusat,” tukasnya.

Kadis Pertanian Mahbub Junaidi mengatakan, peserta lomba balap hand tractor sebanyak 66 peserta dari semua kelompok tani di 24 Kecamatan. Menurut Mahbub, ide unik ini, digagas Mantan Bupati Probolinggo Drs Hasan Aminuddin MSi.

Mahbub menambahkan, kegiatan ini juga bagian memperingati Hari Jadi Kabupaten Probolinggo (Harjakapro) ke-269, serta mendukung peningkatan swasembada pangan melalui program Upsus (Upaya khusus). Kegiatan ini juga bertujuan memberikan kesempatan kepada operator hand tractor unjuk ketangkasan.

“Memberi tambahan semangat dan motivasi bagi kelompok, khususnya operator handtraktor serta sebagai salah satu ajang rekreatif, dan hiburan lain bagi warga. Dan ini belum pernah dilaksanakan di Kabupaten Probolinggo,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO