5 Pemain Tertua Sepanjang Sejarah Piala Dunia, Ada Mantan Pemain Putra Samarinda

5 Pemain Tertua Sepanjang Sejarah Piala Dunia, Ada Mantan Pemain Putra Samarinda Roger Milla ketika berlaga di Piala Dunia (foto: twitter FIFA World Cup)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kompetisi Piala Dunia merupakan panggung untuk pemain di segala usia. Selama ini ada sejumlah pemain gaek yang berusia 40 tahun lebih masih berpartisipasi memperkuat negaranya di turnamen empat tahunan tersebut.

Saat pemain profesional menginjak usia 40 tahun, tentunya mereka berpikir untuk gantung sepatu.

Namun, ada sejumlah pesepakbola yang masih aktif bermain meski usianya hampir memasuki setengah abad. Kenyang akan pengalaman bertanding, membuat mereka tidak gentar menghadapi para pemain muda yang memiliki kecepatan dan stamina yang jauh lebih unggul.

Bermain di Piala Dunia dengan usia 40 tahun, tentunya mempunyai tanggung jawab yang besar karena membawa nama negara.

Lantas, siapa saja pemain profesional tertua yang pernah bermain di Piala Dunia?

- 45 Tahun, 160 Hari

Pemain tertua dalam sejarah kompetisi Piala Dunia jatuh kepada mantan kiper timnas Mesir, .

dinobatkan sebagai pemain tertua dalam sejarah Piala Dunia ketika berusia 45 tahun 160 hari, saat memperkuat Mesir menghadapi Arab Saudi pada laga pamungkas Grup A Piala Dunia yang digelar di Rusia.

Pertandingan melawan Arab Saudi sebenarnya sudah tidak menentukan lagi bagi timnas Mesir. Mohamed Salah dan kolega sudah mengalami dua kekalahan beruntun pada awal laga Piala Dunia.

Meski demikian, tetap tampil dengan kemampuan terbaiknya. Kiper yang memiliki catatan 159 caps untuk Mesir itu jadi orang Afrika pertama yang mampu menahan tendangan penalti di Piala Dunia meski akhirnya kalah 1-2 dari Arab Saudi.

- 43 tahun 3 hari

Pemain tertua kedua yang pernah tampil di pentas Piala Dunia sepanjang sejarah ialah . Mantan kiper timnas Kolombia itu menjadi pemain tertua dalam sejarah Piala Dunia saat dirinya berusia 43 tahun 3 hari, ketika Kolombia mengatasi perlawanan Jepang 4-1 pada Piala Dunia edisi 2014.

Pada saat itu, Pelatih Jose Pekerman memutuskan Faryd masuk sebagai pemain pengganti di babak kedua menggantikan David Ospina. Penantian selama 15 tahun 363 hari untuk bermain lagi di Piala Dunia 2014 akhirnya terwujud, karena Mondragon juga merupakan bagian dari tim Kolombia yang berlaga di Piala Dunia 1998.

Lihat juga video 'Persiapan ke Piala Dunia, Timnas Disabilitas Sepak Bola Latihan di Pasuruan':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO