7 Makanan dan Minuman Penghilang Mual saat Hamil

7 Makanan dan Minuman Penghilang Mual saat Hamil Semangka salah satu makanan untuk mengurangi rasa mual dan muntah saat hamil. (foto: pixabay)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Morning sickness merupakan kondisi dimana ibu hamil merasa ingin mual hingga muntah dan seringkali menyebabkan badan menjadi lemas. Morning sickness tidak hanya terjadi pada pagi hari, tetapi bisa juga di siang, sore, bahkan malam hari. Hal ini menyebabkan ibu hamil menjadi kelelahan dan tidak nyaman untuk menjalani aktivitas sehari-hari.

Gejala Morning sickness biasanya terjadi pada trimester pertama kehamilan, rasa muntah dan mual akan berlangsung selama awal kehamilan. Kondisi ini normal terjadi dan pada umumnya akan berkurang atau menghilang seiring perkembangan janin setelah trimester kedua.

BACA JUGA:

Jika gejala mual dan muntah ini tinggi, dapat menyebabkan tubuh Ibu hamil kehilangan nutrisi. Hal ini dimungkinkan makanan yang sudah dikonsumsi akan keluar bersamaan dengan rasa mual dan membuat ibu hamil tidak berselera makan.

Untuk menanganinya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi morning sickness seperti mengonsumsi makanan dan minuman sebagai penghilang rasa mual saat hamil.

Berikut ini adalah beberapa makanan alami untuk yang berguna untuk mengurangi rasa mual saat hamil:

1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan merupakan salah satu makanan yang bisa meredakan kondisi mual muntah. Ada baiknya anda memilih kacang pistachio yang kaya vitamin B6, asam lemak omega-3 untuk menunjang perkembangan otak bayi, sumber protein yang baik untuk perkembangan jaringan janin, dan antioksidan agar tubuh Ibu hamil semakin kuat. Selain kacang Pistachio atau bahasa latinnya Pistacia Vera, kacang Almond tak kalah baiknya bagi ibu dan janin.

2. Lemon

Ketika tubuh merasa mual muntah, Ibu cenderung ingin mengonsumsi makanan yang asam dan segar. Untuk itu, Ibu hamil bisa mencoba minuman untuk mengurangi mual saat hamil yang terasa segar, yaitu dari lemon. Buah yang satu ini bisa membuat perut menjadi lebih nyaman. Campuran lemon dengan air putih dan es bisa mengurangi mual saat hamil.

3. Biskuit

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO