5 Olahraga Pilihan untuk Kesehatan Jantung

 5 Olahraga Pilihan untuk Kesehatan Jantung Berenang merupakan salah satu pilihan olahraga untuk menyehatkan jantung. (foto: pixabay)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Jantung merupakan organ vital yang menjadi pusat sistem peredaran darah. Sebagian besar organ ini terdiri dari otot yang perlu dijaga kesehatannya. Dengan menerapkan gaya hidup sehat dan rutin berolahraga menjadi salah satu cara menjaga kebugaran jantung.

Melakukan rutinitas olahraga dengan anjuran yang tepat termasuk salah cara melawan serangan jantung. Selain itu, aktivitas ini juga dapat menjaga agar kadar gula rendah, tekanan darah, dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Selain pola makan yang tidak sehat, malas berolahraga juga dapat meningkatkan risiko serangan jantung. Risiko bertambah meningkat apabila dilakukan dengan sering rebahan, banyak duduk, atau gaya hidup tidak aktif.

Rekomendasi dari Asosiasi Ahli Penyakit Jantung Amerika Serikat (AHA), menerangkan sedikitnya orang dewasa melakukan gerakan olahraga 150 menit per minggu dengan intensitas sedang . Berikut pilihan jenis olahraga terbaik untuk .

1. Bersepeda

Seperti yang dikutip oleh Better Health, olahraga bersepeda dapat menguatkan otot jantung, memusnahkan kadar lemak dalam darah, dan menurunkan detak jantung. Dalam penelitian juga membuktikan bahwa bersepeda secara rutin dapat menurunkan resiko terkena ancaman penyakit jantung bahkan hingga 50 persen.

2. Lari

Olahraga yang dibilang paling sederhana ini jika dilakukan secara rutin memiliki kemungkinan 45 persen lebih rendah meninggal akibat stroke atau serangan jantung dibanding orang yang tidak melakukan olahraga ini.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO