Sinergitas KPU Gresik dan Insan Media Sukseskan Gelaran Pemilu Serentak 2024

Sinergitas KPU Gresik dan Insan Media Sukseskan Gelaran Pemilu Serentak 2024 KPU Gresik bersama insan media saat mengadakan media gathering. Foto: Ist.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - menggandeng insan media dan pegiat media sosial (medsos) mengadakan diskusi bertema 'Peran Media dalam Mensukseskan Pemilu Serentak Tahun 2024' di Hotel Aston Inn, Gresik, Rabu (16/11/2022).

Diskusi tersebut menghadirkan narasumber Ketua M. Syuhud Almanfaluty, Wakil Ketua Deni Ali Setiono, dengan moderator Nur Faqih.

Mengawali diskusi, Ketua Achmad Roni menyampaikan progres pemilihan umum yang sudah berjalan 5 kali pasca refornasi. Ia menilai, pesta demokrasi terus berjalan dengan baik.

"Pemilu serentak yang dilakukan oleh Indonesia membuat banyak negara kagum. Makanya, banyak yang berguru ke Indonesia," ucapnya.

Namun demikian, kata Roni, penyelenggara memiliki banyak tantangan, terutama di era digitalisasi seperti saat ini.

"Di era digitalisasi saat ini semua masyarakat bisa menjadi wartawan tanda kutip. Mereka bisa menyebarkan informasi. Terlepas informasi itu benar atau tidak (hoax)," tuturnya.

Ia lantas mencontohkan gelaran pemilu 2019, yang diwarnai informasi hoax berupa adanya 10 kontainer berisi surat suara yang telah dicoblos.

Termasuk di Kabupaten Gresik, terdapat kabar yang berembus bahwa kantor salah satu partai politik (parpol) digunakan untuk pelipatan surat suara.

"Kabar itu setelah ditelusuri ternyata tidak benar. Hoax," ungkapnya.

Karena itu, Roni mengajak insan media turut memberikan edukasi kepada masyarakat agar tidak menyebarkan hoax dalam menghadapi .

"Sehingga, masyarakat makin cerdas," terangnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO