Gondol Motor Teman, Pemuda dari Jakarta Ditangkap Warga Pumpungan Surabaya

Gondol Motor Teman, Pemuda dari Jakarta Ditangkap Warga Pumpungan Surabaya Kanit Reskrim Polsek Sukolilo, Iptu Hedjen Oktianto (kiri), saat menggelar konferensi pers curanmor di wilayah Pumpungan pada Minggu (20/11/2022) dini hari. Foto: YUDI ARIANTO/BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pencurian kendaran bermotor () terjadi di Kampung Pumpungan, Kelurahan Menur Pumpungan, Kecamatan Sukolilo, , Minggu (20/11/2022) dini hari sekitar pukul 01.30 WIB. Pelaku berinisial AS (29) warga Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat (Jakpus), itu diamankan warga usai diteriaki korban.

Kanit Reskrim Polsek Sukolilo, Iptu Hedjen Oktianto, mengatakan bahwa kronologi kejadian bermula saat korban bersama pelaku berada di dalam kamar kos di Jalan Pumpungan I itu. Karena korban tertidur, timbul niat pelaku untuk membawa kendaraan korban berikut kunci dan STNK-nya.

"Setelah itu korban terbangun dan mendapati kendaraan beserta STNK-nya kok tidak ada? Si korban lantas mencoba mengejarnya hingga ke luar pintu pagar kos. Selanjutnya, korban berteriak maling dan diketahui oleh warga dan warga dengan spontan menutup pintu gang. Setelah itu, pelaku berhasil diamankan oleh warga," paparnya.

Setelah itu, pelaku lalu diamankan oleh petugas patroli dari Unit Reskrim Polsek Sukolilo untuk dibawa ke mapolsek. Oktianto mengatakan bahwa pelaku untuk selanjutnya dilakukan proses sesuai dengan hukum yang berlaku atas tindakan pencurian kendaraan bermotornya.

Hedjen menyebut, motif yang melatarbelakangi kejadian tersebut yakni pelaku ingin menguasai harta benda korban berupa sepeda motor tersebut. "Pelaku ini bukan residivis. Jadi, baru pertama kali () karena ada kebutuhan. Motifnya hanya ingin mmiliki kendaraan korban saja," tambahnya.

Tak lupa ia mengimbau kepada masyarakat khususnya wilayah Kecamatan Sukolilo untuk lebih berhati-hati karena kasus di Kota tergolong tinggi. Kemudian, menambah kunci ganda, mengamankan kendaraan di dalam rumah, serta tidak memancing/memberikan kesempatan kepada para pencuri.

"Seperti tidak meninggalkan kunci kontak di motor, tidak memarkir motor di luar rumah ketika kendaraan sedang tidak digunakan, terutama kos-kosan. Terutama lagi untuk minimarket, untuk mengkatifkan kembali CCTV yang ada di areal parkir pengunjung," imbaunya.

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Video Maling Motor di Pasuruan Terekam CCTV':