Bea Cukai Kediri Musnahkan Jutaan Batang Rokok Ilegal di TPA Klotok

Bea Cukai Kediri Musnahkan Jutaan Batang Rokok Ilegal di TPA Klotok Kepala Kantor Bea dan Cukai Kediri, Sunaryo, dan para undangan secara simbolis saat melakukan pembakaran barang bukti. Foto: MUJI HARJITA/BANGSAONLINE

KEDIRI, BANGSAONLINE.com - KPPBC (Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai) Tipe Madya Cukai  memusnahkan 7.527.877 batang dengan cara dibakar dan ditimbun di TPA Klotok, Selasa (22/11/2022).

BMMN (barang yang menjadi milik negara) berupa rokok serta minuman ilegal itu ialah hasil penindakan mulai dari awal tahun hingga Oktober 2022. Selain itu juga hasil Operasi Gempur Periode I tanggal 17 Mei-18 Juni 2022, serta Operasi Gempur Periode II pada 12 September-15 Oktober 2022.

Kepala KPPBC Tipe Madya Cukai , Sunaryo, mengatakan bahwa barang-barang itu dimusnahkan karena melanggar ketentuan di bidang cukai berdasarkan hasil operasi penindakan dan gempur yang dilakukan unit pengawasan dari pihaknya, dan bersinergi dengan pemerintah daerah serta aparat penegak hukum di masing-masing wilayah kabupaten/kota.

KPPBC Tipe Madya  berhasil menindak di bidang cukai berjumlah 111 Surat Bukti Penindakan (SBP) dan terhadap 4 di antaranya berlanjut hingga proses penyidikan, dengan rincian 1 kasus di tahap pemberkasan dan 3 kasus lainnya sudah dilimpahkan ke kejaksaan negeri setiap wilayah, 86 SBP dilakukan pemusnahan, serta sisanya masih dalam proses menjadi BMN untuk dilakukan pemusnahan pada periode berikutnya.

"Kegiatan pemusnahan ini merupakan komitmen nyata dari KPPBC Tipe Madya Cukai dalam rangka mengemban 4 pilar tugas pokok dan fungsi institusi Bea dan Cukai," kata Sunaryo.

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Pengguna Jalan di Pasar Pahing Kediri Tersengat Listrik':