Anwar Ibrahim Diperkirakan Ditunjuk Jadi Perdana Menteri Malaysia

Anwar Ibrahim Diperkirakan Ditunjuk Jadi Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim ketika berada di Permatang Pauh, Penang, Malaysia, Sabtu (19/11/2022). Foto: REUTERS/Hasnoor Hussain/CNBIndonesia

KUALA LUMPUR, BANGSAONLINE.com - Penantian panjang tampaknya mulai membuahkan hasil. Pemimpin oposisi Malaysia itu dikabarkan bakal ditunjuk menjadi perdana menteri baru Malaysia. Kepastian itu diperoleh setelah Anwar menemui di Istana Negara, Selasa (22/11/2022).

"Anwar ditetapkan sebagai perdana menteri," tulis media Malaysia, The Vibes. Namun The Vibes kemudian mengubah judulnya menjadi: Anwar Diperkirakan Ditunjuk Menjadi Perdana Menteri

Yang menarik, Muhyidin Yasin, mantan PM Malaysia sebelumnya mengaku sangat optimis terpilih menjadi perdana menteri. Namun seusai menemui sang raja, Muhyiddin keluar tanpa memberikan pernyataan apapun kepada wartawan yang sudah menantinya.

Seperti diberitakan, pemilihan umum Malaysia menghasilkan parlemen gantung yang belum pernah terjadi sebelumnya. Artinya tak satu pun dari dua kandidat utama PM, dan Muhyiddin Yasin, memenangkan suara mayoritas untuk membentuk pemerintahan.

Koalisi Barisan Nasional, yang merupakan petahana, menegaskan tidak akan mendukung salah satu kandidat. Ini merupakan sebuah langkah yang akan mencegah Anwar dan Muhyiddin mencapai mayoritas.

Akhirnya, secara konstitusional, tergantung pada raja. Raja sebenarnya semata peran seremonial, tetapi dapat menunjuk siapa pun yang diyakini akan memimpin mayoritas.

"Saya meminta warga Malaysia untuk menerima setiap keputusan tentang pembentukan pemerintahan. Biarkan saya membuat keputusan segera," kata raja kepada wartawan di luar Istana Negara, Selasa (22/11/2022), dikutip Reuters. (tim)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO