Honor Menjadi Pemicu Meningkatnya Pendaftar Badan Ad Hoc KPU Tuban

Honor Menjadi Pemicu Meningkatnya Pendaftar Badan Ad Hoc KPU Tuban Pendaftar PPK saat melakukan pemberkasan di KPU Tuban, Kamis (24/11/2022)

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Animo masyarakat Kabupaten mendaftar sebagai Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilu Serentak 2024 cukup tinggi.

Hal itu diakui komisioner KPU Divisi SDM dan Parmas, Zakiyatul Munawaroh saat dikonfirmasi BANGSAONLINE.com. Ia mengatakan, jumlah pendaftar kali ini jauh meningkat bila dikomparasikan dengan tahun sebelumnya.

"Hingga H+4 kemarin peserta yang sudah melakukan registrasi pendaftaran di situs siakba.kpu.go.id sebanyak 496 orang yang terdiri dari 361 laki-laki dan 135 perempuan. Padahal yang dibutuhkan hanya 100 orang," beber Zakiyah biasa ia disapa, Kamis (24/11/2022).

Ia menyebut, tingginya masyarakat ingin menjadi bagian penyelenggara pemilu disebabkan sejumlah faktor. Diantaranya, sosialisasi secara masif yang dilakukan KPU terkait pendaftaran PPK. Kemudian, perubahan honorarium yang mengalami peningkatan dari pemilu sebelumnya.

"Honornya PPK kalau ketua Rp 2,5 juta, dengan masa kerja sampai akhir 2024 atau 2 tahun penuh," jelasnya.

Selanjutnya, pelaksanaan rekrutmen yang dilakukan secara online sangat mempermudah masyarakat yang ingin bergabung di badan Ad Hoc KPU. Sebab, pendaftar cukup mengupload berkas persyaratan melalui situs siakba.kpu.go.id.

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':