Disnaker Gresik Gelar Pelatihan Berbasis Kompetensi Kejuruan

Disnaker Gresik Gelar Pelatihan Berbasis Kompetensi Kejuruan Wakil Bupati Gresik, Aminatun Habibah, serta para penguji dan peserta pelatihan. Foto: SYUHUD/BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) menggelar pelatihan berbasis kompetensi kejuruan. Kegiatan dengan sumber anggaran dari pemanfaatan dana bagi hasil cukai hasil tembakau (DBHCHT) tahun ini dibuka langsung Wakil Bupati , Aminatun Habibah, di Pendopo Kecamatan Cerme, Rabu (30/11/2022).

Ada empat jenis pelatihan yang diadakan untuk para peserta, yakni barista, bakery, barber, dan instalasi listrik rumah tangga. Dalam kegiatan ini, Disnaker menggandeng Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) lewat Rumah Vokasi, serta Kementerian Ketenagakerjaan sebagai pemateri, penguji, dan asesmen pelatihan.

"Harapannya, dengan banyaknya pihak yang terlibat akan semakin menjamin kompetensi peserta pelatihan," kata Bu Min (sapaan akrab Wakil Bupati ).

Menurut dia, pelatihan yang diadakan selama 10 hari ke depan merupakan salah satu upaya Pemkab dalam mengurangi angka pengangguran.

"Selain memenuhi amanat undang-undang, pelatihan berbasis kompetensi, upaya pemda dalam menelurkan program-program yang berbasis ekonomi life skill atau program lainnya guna menekan angka pengangguran," ujarnya.

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':