5 Wisata Goa di Gunungkidul Paling Eksotis, Sembunyikan Pesona Keindahan

5 Wisata Goa di Gunungkidul Paling Eksotis, Sembunyikan Pesona Keindahan Goa pindul merupakan salah satu goa eksotik yang dimiliki kabupaten Gunungkidul.(foto: wisata.gunungkidulkab.go.id)

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Gunungkidul bukan hanya terkenal memiliki banyak destinasi wisata pantai, namun kabupaten yang masuk wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) ini juga mempunyai wisata goa dengan panorama eksotis.

Bagi kamu pecinta adrenalin, wisata goa di Gunungkidul bisa menjadi destinasi liburan yang menyenangkan. Kamu akan dibuat terpana dengan keindahan stalaktit dan stalagmit yang menghiasi dinding goa.

Berikut, 5 wisata goa di Gunungkidul paling eksotis yang sembunyikan pesona keindahan

1.

Destinasi wisata yang satu ini berlokasi di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul.

Pelancong yang berkunjung ke tempat ini dapat menyaksikan keindahan panorama goa dengan perlengkapan pengamanan diri yang disediakan berupa jaket pelampung, helm, pelindung tangan dan kaki.

Saat menjelajahi goa dengan mengikuti arus aliran sungai, pengunjung dapat menikmati keelokan stalaktit dan stalagmit di dalam goa. Segarnya air pegunungan yang masih alami dan bersih pun dapat dirasakan. Panorama hijau di sekitar kawasan Kalisuci menyapa dengan ramah dan memanjakan mata

dapat ditempuh dari kota Jogja selama 1,5 – 2 jam perjalanan.

2.

Destinasi wisata yang indah dan unik banyak menghiasi sudut Kabupaten Gunungkidul. Daerah dengan dominasi batuan karst memendam eksotika hidden paradise, salah satunya ialah .

Goa yang satu ini merupakan lembah karst berbentuk sebuah collapse doline atau biasa disebut dengan sinkhole. Kemudian secara alami membentuk goa yang mempunyai telaga di bawahnya.

Tempat wisata ini cocok bagi wisatawan yang siap berjelajah dengan medan menantang. berlokasi di Desa Mulo, Kecamatan Wonosari, berada di jalur menuju wisata pantai selatan Gunungkidul.

Untuk menikmati keelokan goa, pelancong harus terlebih dulu menuruni lembah karst. Terdapat dua goa di dasar lembah yaitu di sisi timur dan barat. Jika telah memasuki mulut pintu goa, pengunjung akan merasakan kesegaran dan kesejukan.

Pengunjung dapat pula menikmati keindahan panorama dari atas tanpa masuk ke dalam goa. Pada saat musim hujan, hijaunya tanaman dan pepohonan akan melengkapi indahnya kawasan Goa Ngerong. Berbagai sajian kuliner tradisional yang dijajakan penduduk lokal, dapat dinikmati pengunjung ketika pada hari Sabtu dan Minggu pagi. Selain itu, wisatawan juga dapat menikmati sensasi bermain ATV dan flying fox di kawasan tempat wisata Ngingrong.

3. Goa Pindul

Asal usul penamaan Goa Pindul yang dikisahkan turun temurun oleh masyarakat sekitar berasal dari kisah perjalanan Joko Singlulung yang menelusuri sungai, hutan, hingga goa untuk mencari keberadaan ayahnya. Saat sedang menjelajah tujuh goa yang memiliki aliran sungai di bawahnya, kepala Joko terbentur sebuah batu besar yang ada di dalam goa. Goa tempat Joko terbentur tersebut dinamakan Goa Pindul yang berarti dalam bahasa Jawa pipi gebendul atau pipi yang terbentur.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO