7 Hari Belum Ditemukan, Operasi SAR Nelayan Pamekasan yang Jatuh ke Laut Dihentikan

7 Hari Belum Ditemukan, Operasi SAR Nelayan Pamekasan yang Jatuh ke Laut Dihentikan Pencarian korban hilang di perairan Pamekasan oleh tim SAR dihentikan setelah 7 hari operasi.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Operasi search and rescue (SAR) terhadap M (35), nelayan warga Kecamatan Proppo Kabupaten Pamekasan, yang dilaporkan hilang setelah jatuh ke laut, akhirnya dihentikan pada hari ketujuh.

Hal tersebut disampaikan Analis Muda Kebencanaan BPBD Kabupaten Pamekasan, Budi Cahyono, yang setiap hari melaksanakan pencarian bersamaan tim gabungan yang terdiri atas BPBD, , TNI AD, TNI AL, Polri, serta relawan FRPB Pamekasan.

"Berdasarkan Peraturan Kepala Basarnas nomor 22 tahun 2009 tentang pedoman penyelenggaraan , maka setelah pencarian 7 hari, operasi dihentikan," jelasnya kepada BANGSAONLINE.com, Kamis (29/12/22).

Budi menyampaikan, bahwa selama 7 hari melakukan pencarian, tim gabungan telah menyisir Pantai Jumiang Pamekasan sampai ke perairan Sumenep.

"Kami mengitari Pulau Gili Raja, Pulau Gilingan, dan Pulau Gili Genting," ucapnya.

Budi juga menjelaskan kendala yang dihadapi dalam pencarian, yaitu cuaca ekstrem. Tim gabungan harus mengetahui cuaca karena berhubungan dengan keselamatan.

"Tim Basarnas pada dari hari ketiga menggunakan perahu RIP berangkat dari Kalianget Sumenep. Perahu ini lebih besar dari perahu karet yang digunakan sebelumnya. Kami terus berkomukasi dengan tim gabungan, juga para nelayan," ungkapnya.

Sementara Novix, Kepala , menambahkan dapat dilakukan kembali jika ada tanda-tanda ditemukannya korban. (dim/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO