Aparat Batal Turunkan Gus Dur dari Podium Gara-Gara Ini

Aparat Batal Turunkan Gus Dur dari Podium Gara-Gara Ini KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Foto: nu.or.id

SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Ini cerita KH Nur Maymoun, ulama asal Madura yang dikenal dekat dengan KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Ia menceritakan peristiwa unik saat Gus Dur diundang ceramah di Madura.

Menurut dia, saat itu Gus Dur menjabat ketua umum PBNU. Gus Dur sangat kritis terhadap pemerintahan Presiden Soeharto. Gus Dur bahkan beberapa kali dicekal oleh presiden yang berkuasa 32 tahun itu..

“Pada jaman Orde Baru pengajian kan harus ada ijin. Mulai jam 7 habis maghrib hingga pukul 12 malam. Lewat dari jam itu pasti penceramahnya diturunkan oleh ,” kata Kiai Nur Maymoun saat ziarah umrah di rumah CEO HARIAN BANGSA dan BANGSAONLINE, M Mas’ud Adnan, di Jalan Kedung Sroko, Surabaya, Ahad (22/1/2023).

Ternyata Gus Dur telat datang. Padahal massa sudah menunggu sejak habis maghrib.

“Gus Dur baru datang pukul 12.30,” tutur Kiai Maymoun. Karuan saja para kiai yang menunggu bingung dan deg-degan. Karena jam ijinnya sudah habis.

“Bahkan , terutama , Kodim, Danramil, sudah berkumpul untuk menurunkan Gus Dur dan membubarkan pengajian. Karena waktu ijinnya sudah habis,” kata Kiai Maymounlagi.

Tapi Gus Dur malah tenang-tenang. Gus Dur bahkan tetap naik ke podium.

Simak berita selengkapnya ...

Lihat juga video 'Setahun Tak Ada Kabar, Korban Longsor di Desa Ngetos Nganjuk Tagih Janji Relokasi':