Universitas Jember Kecam Pembongkaran Rumah Singgah Bung Karno di Padang

Universitas Jember Kecam Pembongkaran Rumah Singgah Bung Karno di Padang Rektor Unej, Iwan Taruna, saat konferensi pers terkait pembongkaran rumah singgah Bung Karno di Padang.

JEMBER, BANGSAONLINE.com - Universitas () mengecam pembongkaran rumah singgah Bung Karno di Kelurahan Pasir Padang, Kota Padang, Sumatera Barat. Bangunan yang merupakan cagar budaya itu juga dikenal dengan nama Rumah Ema Idham.

"Karena kita sudah mentasbihkan sebagai Kampus Kebangsaan, maka kita harus menginisiasi, mendukung Menteri (Dikbudristek) untuk diproses secara hukum, karena ini melanggar Undang- Undang Cagar Budaya," kata Rektor , Iwan Taruna, saat konferensi pers, Senin (20/2/2023).

Selain itu, ia juga menyampaikan bahwa pihaknya yang juga memiliki beberapa koneksi di Sumatera Barat, seperti Universitas Andalas, sehingga tidak menutup kemungkinan akan mengawal secara utuh pengembalian rumah singgah Bung Karno.

"Nanti mungkin akan kita lakukan kerja sama dan sebagainya, kita punya fakultas teknik untuk misalnya merancang, kita tugasi dan sebagainya. Mekanismenya ada sendiri nanti.  siap, dengan tenaga ahli yang dimiliki, mengawal hal itu (pembangunan kembali rumah singgah Bung Karno)," paparrnya. (yud/bil/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Nekat Ritual di Laut, 10 Warga Jember Meninggal Tersapu Ombak':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO