Alun-Alun Kota Kediri Segera Dirombak Total

Alun-Alun Kota Kediri Segera Dirombak Total Pusat kuliner dan oleh-oleh di utara Alun-Alun Kota Kediri ini termasuk yang akan direlokasi. Foto: MUJI HARJITA/ BANGSAONLINE

KOTA KEDIRI, BANGSAONLINE.com - Pemkot pada akhir Mei 2023 in, akan segera merombak Alun-Alun Kota dengan wajah baru. Perombakan total tersebut dilakukan untuk mengikuti perkembangan zaman.

Karena, keberadaan alun-alun tetap punya tempat tersendiri di hati masyarakat meski banyak muncul taman-taman baru.

Sebagian masyarakat Kota meminta agar supaya alun-alun dilakukan penyegaran agar tidak terlihat kumuh dan pamornya tidak kalah dengan ruang terbuka hijau (RTH) yang lain.

Menjawab hal tersebut, Pemerintah Kota rencananya akan mulai menggarap revitalisasi alun-alun yang terletak di depan Pendopo Panjalu Jayati Pemkab itu pada akhir Mei 2023 ini.

Endang Kartikasari, Kepala Dinas PUPR Kota , mengatakan pelaksanaan revitalisasi alun-alun akan dimulai pada Mei 2023 ini.

“Akhir Mei ini, Insyaallah akan segera kita mulai pembangunannya dan ditargetkan selesai pada bulan Desember 2023 mendatang, jadi target 7 bulan pengerjaan,” terang Endang.

Menurut dia, Pemkot menyiapkan pagu anggaran sebesar Rp23.834.000.000 dari APBD untuk pengerjaan revitalisasi tersebut.

“Proyek ini secara fisik akan dilaksanakan oleh Surya Graha Utama – KSO dan diawasi oleh PT. Pilarempat Consultan,” ungkapnya lebih lanjut.

Sementara itu, fungsi awal dari sebuah alun-alun akan menjadi pegangan untuk desain wajah baru. Di mana alun-alun ini diharapkan dapat menjadi RTH untuk memenuhi kebutuhan sosialisasi masyarakat di Kota .

Sedangkan, Plt. Kepala DLHKP Kota , Anang Kurniawan, menambahkan bahwa desain alun-alun nanti berupa lapangan terbuka yang luas dan berumput, dikelilingi oleh jalan yang dapat dipakai beragam kegiatan masyarakat. Hal itu sebagaimana permintaan Wali Kota , Abdullah Abu Bakar.

Sehingga, alun-alun ini nanti dapat digunakan oleh masyarakat dalam menopang segala kegiatan. Dengan memiliki halaman yang luas, memungkinkan untuk dimanfaatkan sebagai tempat kegiatan yang beragam.

Lihat juga video 'BI Kediri Gelar Bazar Pangan Murah Ramadhan 2024':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO