Mahasiswa FEB Universitas Widyagama Office Tour ke KPU Jatim

Mahasiswa FEB Universitas Widyagama Office Tour ke KPU Jatim Mahasiswa FEB Universitas Widyagama Malang saat office tour ke KPU Jatim. Foto: Ist

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 75 mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Widyagama berkesempatan melakukan office tour, serta mendapatkan sosialisasi dan pendidikan pemilih terkait di Jatim, Kamis (8/6/2023).

Mereka dipandu Kasubbag Partisipasi dan Hubungan Masyarakat Jatim, Prahasthiwi, mengunjungi Rumah Pintar Pemilu. Di sana, mahasiswa banyak belajar mengenai sejarah pesta demokrasi di Indonesia, sejarah penyelenggara pemilu, tahapan dalam pemilu dan pemilihan, siapa saja penyelenggara pemilu, bahkan bisa melakukan simulasi mencoblos di TPS.

Dari Rumah Pintar Pemilu, mahasiswa diajak ke lorong-lorong Kantor Jatim di mana banyak terdapat papan informasi yang kaya akan data-data hasil pemilu dan pemilihan di Jawa Timur. Usai office tour, mahasiswa berikutnya mengikuti sosialisasi dan pendidikan pemilih di aula lantai 2 kantor Jatim.

Dekan FEB Widyagama , Ana Sopanah Supriyadi, berterima kasih lantaran kuliah lapang ke Kantor Jatim mendapatkan sambutan luar biasa. Ia pun mengapresiasi Kantor Jatim yang penuh dengan informasi kepemiluan dan demokrasi.

“Bahkan tempat-tempat yang berisi data-data tadi sangat instagramable. Maka tidak rugi kami menimba ilmu di Jatim. Dengan hadir langsung ke Jatim, kita bisa tahu langsung suasana kantor penyelenggara pemilu di Jawa Timur," ujarnya.

"Selain itu, kita juga mendapatkan pengetahuan mengenai pendidikan politik. Sehingga yang sebelumnya banyak mahasiswa belum tahu tanggal pemungutan suara menjadi tahu dan pasti mau berpartisipasi pada Pemilu Tahun 2024,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Jatim, Choirul Anam, berharap kampus bisa mendorong mahasiswanya untuk menjadi penyelenggara pemilu.

“Salah satu caranya dengan menjadikan sebagai mata kuliah KKN Tematik atau lainnya. Jadi KKN-nya mahasiswa cukup dengan menjadi penyelenggara pemilu di tingkatan TPS atau KPPS. Harapannya dengan peran aktif mahasiswa, KPPS kita diisi dengan anak-anak muda yang melek akan teknologi informasi,” paparnya.

Memasuki sesi pemaparan materi dan diskusi interaktif, Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, dan Partisipasi Masyarakat (Sosdiklih dan Parmas) Jatim, Gogot Cahyo Baskoro menegaskan mahasiswa ini memiliki peran penting dalam Pemilu Tahun 2024.

“Karena mahasiswa memiliki kelebihan dalam banyak hal. Seperti idealisme yang tinggi, sikap kritis, keberanian, pengorbanan yang tinggi, kecerdasan, dan kepekaan sosial. Sehingga mahasiswa menjadi kelompok yang strategis untuk mendorong perubahan,” ucapnya. (mdr/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Warung Bebek Goreng H. Slamet di Kota Malang Terbakar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO