Membeludak, Warga NU Ikuti Tahlil Akbar di Makam KH Abdul Chalim Leuwimunding

Membeludak, Warga NU Ikuti Tahlil Akbar di Makam KH Abdul Chalim Leuwimunding Prof Dr KH Asep Saifuddin Chalim, MA saat memimpin istighatsah di makam KH Abdul Chalim Leuwimunding Jawa Majalengka Jawa Barat. Foto: BANGSAONLINE

MAJALENGKA, BANGSAONLINE.com - Seusai jemaah salat Subuh, warga NU mengikuti haul dan tahlil akbar di Makam Leumunding Jawa Barat, Sabtu (17/6/2023).

Warga NU yang mengikuti tahlil akbar itu membludak. Tahlil akbar itu digelar untuk mengawali serangkaian acara Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) yang brrlangsung pada Sabtu dan Ahad (17-18/6/2023).

Prof Dr KH Asep Saifuddin Chalim, MA, putra , dalam sambutannya, di depan warga NU yang membludak mengungkapkan bahwa di makam itu ada 3 maqbarah. Yaitu makam . Kemudian makam Ahmad, cucu Kiai Abdul Chalim yang meninggal waktu kecil.

Menurut Kiai Asep yang ketua umum Pergunu mengungkapkan bahwa Ahmad meninggal lebih dulu sebelum Kiai Abdul Chalim wafat.

Kiai Abdul Chalim lalu memakamkan cucunya itu dalam pekarangan keluarganya.

Maka ketika Kiai Abdul Chalim wafat, tutur Kiai Asep, pihak keluarga sepakat memakamkan Kiai Abdul Chalim di dekat makam Ahmad, cucunya. Mereka menilai, Kia Abdul Chalim memakamkan Ahmad di tempat itu sebagai tanda bahwa Kiai Abdul Chalim minta dimakamkan di tempat itu.

Maqbarah ketiga, tutur Kiai Asep, adalah makam Uun Urpiyah, ipar Kiai Abdul Chalim.

Lihat juga video 'Sedekah dan Zakat Rp 8 M, Kiai Asep Tak Punya Uang, Jika Tak Gemar Bersedekah':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO