Korlantas Polri Evaluasi Tes Zig-zag dan Kitaran 8 Sebagai Syarat Bikin SIM

Korlantas Polri Evaluasi Tes Zig-zag dan Kitaran 8 Sebagai Syarat Bikin SIM Dirregident Korlantas Polri, Brigjen Pol Yusri Yunus saat konferensi pers (dok. PMJ News)

JAKARTA,BANGSAONLINE.com - Dirregident Korlantas , Brigjen Yusri Yunus, mengatakan bahwa pihaknya masih mengkaji ujian praktik dan syarat proses pembuatan .

Aspek yang dikaji tersebut termasuk sertifikat mengemudi untuk A, tes mengitari lingkaran bentuk angka 8 dan juga zig-zag untuk C.

Hal tersebut merupakan tindak lanjut dari instruksi Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo untuk mengevaluasi metode ujian praktik apakah masih relevan atau tidak dengan saat ini.

"Betul, nanti akan kami kaji, apa yang disampaikan Bapak akan kita laksanakan. Kita akan mengkaji, mengevaluasi, bentuk ujian-ujian praktik lagi,” ujar Yusri kepada wartawan di Mabes , Kamis (22/6/2023).

Meski begitu, ia belum bisa memastikan kapan kebijakan sertifikat mengemudi sebagai syarat pembuatan akan berlaku.

"Jadi kalau ditanya kapan diberlakukan kami jawab belum dilaksanakan. Karena kami masih mengkaji ini," ungkapnya.

Untuk tes mengitari lingkaran angka 8 dan zig-zag, Yusril menerangkan jika pihaknya akan membentuk tim Kelompok Kerja (Pokja) dan melakukan studi banding ke negara lain.

"Makanya perintah akan kita laksanakan, kita akan mengkaji nanti, kita akan mengevaluasi, kita akan bentuk tim Pokja bahkan memang nanti akan kita lakukan studi banding ke negara-negara yang lain, apakah memang tes praktik zig-zag maupun angka delapan ini masih relevan atau tidak,” paparnya. (van)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO