TNI dan BPBD Ngawi Gelar Pelatihan Penanggulangan Bencana Alam

TNI dan BPBD Ngawi Gelar Pelatihan Penanggulangan Bencana Alam Anggota TNI bersama BPBD Ngawi serta Destana saat mengikuti pelatihan bencana alam di lapangan taman candi Desa Beran, Kecamatan Ngawi pada Jumat (14/07/2023).

NGAWI, BANGSAONLINE.com - Badan Daerah (BPBD) Kabupaten Ngawi bersama anggota , menggelar latihan bersama guna mengantisipasi segala kejadian bentuk bencana, di lapangan taman candi Desa Beran, Kecamatan Ngawi pada Jumat (14/07/2023).

BPBD dan TNI setempat menggelar pelatihan penanggulangan tanggap darurat bencana tersebut, sebagai bentuk salah satu dari Program Pembinaan Teritorial kepada Masyarakat, dengan mengambil tema ‘Bersama TNI Tanggap Bencana’.

Selain untuk mengurangi dampak yang ditimbulkan apabila terjadi bencana alam dan melakukan antisipasi dini, juga mencegah semaksimal mungkin kerugian yang ditimbulkan bila terjadi bencana alam.

Hal ini juga menjadi salah satu tugas TNI yang mencakup Operasi Militer Selain Perang (OMSP), untuk membantu dalam penanggulangan bencana alam, yang telah tertuang dalam UU No. 34/2004, Pasal 7 ayat 2.

Selain itu, latihan itu juga diikuti 65 relawan yang tergabung dalam Relawan Desa Tanggap Bencana (Destana).

Pasiter , Kapten. Inf. Jumadi dalam sambutannya mengatakan, sebagai aparat yang berada di wilayah tersebut, wajib meningkatkan kewaspadaan dan melatih diri, terutama ketika sadar bahwa hidup didaerah rawan bencana.

Lihat juga video 'Jayapura Dilanda Longsor dan Banjir':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO