Ratusan Nelayan di Pamekasan Gelar Petik Laut

Ratusan Nelayan di Pamekasan Gelar Petik Laut Masyarakat saat menyaksikan petik laut di Desa Pagagan, Kecamatan Pademawu, Pamekasan.

PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Ratusan nelayan di Desa Pagagan, Kecamatan Pademawu, , menggelar petik laut, tradisi yang memberikan persembahan dengan melarungin sesaji dari hasil bumi, Rabu (19/7/2023).

Kepala Desa Pagagan, Moh Huri, menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu bentuk rasa syukur kepada Allah yang memberikan segalanya, masyarakat istighotsah dan doa bersama.

"Ini adalah bentuk rasa syukur kepada allah yang telah memberikan kekayaan laut yang luar biasa untuk sumber kehidupan dan sumber rezeki bagi nelayan," ujarnya kepada BANGSAONLINE.com.

Ia pun menyebut, tradisi ini sudah dilakukan turun menurun sejak nenek moyang sebagai bentuk rasa syukur yang diberikan Allah kepada para nelayan, sesaji yang dilarungkan dipercaya sebagai membawa keselamatan dan kemakmuran.

"Ini tradisi warisan leluhur. Tujuannya, sebagai ungkapan syukur atas rezeki yang melimpah dan memohon keselamatan serta kemurahan rezeki," tuturnya.

Tradisi petik laut diakhiri dengan pawai kapal nelayan yang dihiasi dengan pernak-pernik cantik, agenda tersebut disaksikan ribuan masyarakat yang ingin juga mendoakan, dan juga melihat prosesi upacara. (dim/mar)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Haul Akbar di Masjid Nurul Huda Pamekasan, Satukan Generasi dan Santri Kiai Mattawi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO