Gubernur Khofifah Ajak Poktan Terapkan Manajemen Tanaman Sehat

Gubernur Khofifah Ajak Poktan Terapkan Manajemen Tanaman Sehat Gubernur Khofifah di dampingi Bupati Mojokerto dan OPD terkait saat sedang meninjau tanaman refugia di lahan pertanian Desa Ngarjo.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Gubernur Jawa Timur Indar Parawansa mengajak kepada seluruh para kelompok tani (poktan) untuk menerapkan manajemen tanaman sehat (MTS) di daerahnya masing-masing.

Hal itu disampaikan saat Gubernur saat menghadiri acara Temu Lapang dan Pencanangan di Kecamatan Mojoanyar, Kabupaten Mojokerto, Kamis (7/9/2023).

Ia mengatakan para petani dapat melakukan budi daya tanaman sehat, baik pada tanaman padi maupun tanaman lainnya. MTS penting untuk diterapkan oleh petani karena unsur tanah pasti kian berkurang setelah puluhan tahun dijejali pupuk kimia. 

"Akhirnya kalau kita ingin tanaman bisa menghasilkan produktivitas yang tinggi, harus menambah pupuk, sementara pupuk bersubsidi makin berkurang," katanya.

Alasan lain petani harus menerapkan MTS, karena saat ini banyak sekali lahan yang terkonversi oleh kebutuhan-kebutuhan lain. Baik menjadi permukiman, industri, hingga jalan raya. Oleh sebab itu, perlu penerapan manajemen budi daya tanaman sehat, yang juga diadopsi satu prinsip dalam pengendalian hama terpadu.

"Membudidayakan tanaman sehat itu dengan memadukan semua teknologi budi daya berbasis ramah lingkungan. Tanaman sehat terkandung bahan organik, melalui penanaman refugia menjadi motivasi bagi petani. Selain untuk konservasi musuh alami, juga estetika lahan, dapat mengurangi penggunaan pupuk pestisida kimia, dan hasil panen menunjukkan peningkatan," jelas Gubernur .

Menurut Gubernur , budi daya tanaman sehat pada padi meliputi perbaikan kesuburan tanah, yang dapat dilakukan dengan penggunaan pupuk organik maupun kapur pertanian.

Lihat juga video 'Emak-emak di Surabaya Kecewa Tak Bisa Foto Bareng Jokowi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO