Jelang Musim Tanam 2023, Ketua HKTI Gresik Ingatkan Jangan Terulang Kelangkaan Pupuk

Jelang Musim Tanam 2023, Ketua HKTI Gresik Ingatkan Jangan Terulang Kelangkaan Pupuk Ketua HKTI Gresik, Musa.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Ketua DPC Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) , Musa mengingatkan kepada semua pihak terkait menjelang musim tanam 2023 agar tak kembali terulang kelangkaan pupuk saat dibutuhkan oleh petani.

"Saya mengingatkan pihak-pihak terkait mulai Dinas Pertanian (Distan) , Petrokimia , distributor dan pihak terkait agar kasus serupa kelangkaan pupuk tak terulang jelang musim tanam," ucap Musa kepada BANGSAONLINE.com, Rabu (1/11/2023).

Menurut Musa, pasca terjadinya kemarau panjang 2023, petani di akan kembali menghadapi musim tanam pada Desember. Sebab, pada bulan itu diperkirakan curah hujan sudah tinggi, mengingat di sejumlah daerah sudah mulai turun hujan.

Untuk itu, kata Musa, instansi terkait harus mempersiapkan diri untuk membantu masyarakat petani dalam menghadapi musim tanam. Salah satunya, kebutuhan pokok untuk pertanian berupa pupuk.

"Jangan sampai sudah datang musim tanam padi begitu petani waktu pemupukan, kesulitan mendapatkan pupuk, sehingga hasil pertanian tak bagus," cetus Musa.

"Walaupun pupuk ada namun harganya jauh dari harga eceran tertinggi (HET). Itu pun harus didapatkan dari luar ," imbuh anggota Fraksi NasDem DPRD ini.

Musa minta Dinas Pertanian intens komunikasi dengan pihak terkait seperti PT Petrokimia , selaku perusahaan penyedia pupuk, dan distributor.

Lihat juga video 'Viral! Video Manusia Menikahi Kambing di Gresik, Bupati Mengecam: Jahiliyah!':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO